8 Tips Sukses Memulai Bisnis UMKM Agar Menang Di Pasar

8 Tips Sukses Memulai Bisnis UKM Agar Menang Di Pasar

8 Tips Sukses Memulai Bisnis UMKM. Pebisnis UKM di Indonesia ada banyak sekali bahkan menurut data survey nya terus terjadi kenaikan setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan betapa tingginya persaingan usaha UKM ini. Untuk bisa sukses di pasar ini, maka kita harus memiliki strategi dan teknik yang bagus. Nah berikut ini adalah 8 tips sukses di bisnis UKM dengan mudah, mulai dari persiapan hingga pengembangan.

8 Tips Sukses Memulai Bisnis UMKM

Pahami Kebutuhan Pasar

Bisnis UKM memang tidak begitu besar, namun memahami kebutuhan pasar adalah hal paling dasar yang harus dilakukan. Suksesnya anda menjalankan bisnis UKM ini tergantung dari Pasarnya. Apakah bisa menerima produk UKM yang di produksi oleh anda atau malah sebaliknya. Hal ini tentu harus dilakukan dengan riset mendalam. Pahami apa saja yang dibutuhkan orang lalu tentukan solusinya.

Riset atau analisa terhadap pasar sangatlah penting. Untuk mengetahui apa yang diminati oleh pasar dan apa yang diminati konsumen. Anda bisa melakukan riset dengan cara menganalisa kompetitor Anda.

Jika Anda tidak memiliki kompetitor Anda dapat menanyakan target pembeli Anda. Anda dapat membuat daftar pertanyaan atau Anda dapat menanyakannya secara langsung.

Kenali Produk Pesaing

Untuk bisa memenangkan persaingan dengan lebih mudah, maka anda harus mengenali produk pesaing anda. Produk pesaing anda ini tentu akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ini tentu harus anda pahami dengan baik guna dapat menentukan jenis produk dan kualitas yang akan kita bandingkan dengan yang kompetitor kita miliki.

Tentukan Jenis Produk yang Tepat

Jika anda sudah memahami kebutuhan pasar dan mengenali produk pesaing, maka langkah berikutnya anda menentukan jenis produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasarnya.

Produk UKM yang paling bagus adalah jenis produk yang evergreen yang selalu dibutuhkan seperti makanan dan lainnya. Namun pastikan bahwa produk anda memang benar-benar dibutuhkan pasar yang anda bidik.

Buat Visi Misi yang Jelas

Visi misi berisi tentang tujuan dan tahapan cara mewujudkan mimpi dan tujuan tersebut. Visi misi ini akan menjadi barometer bagi perjalanan UKM yang dibangun. Namun perlu diperhatikan, visi dan misi ini harus dibuat berdasarkan realitas yang paling mungkin untuk dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Buat Kualitas yang Bagus

Kualitas harus menjadi nomor satu yang paling penting diperhatikan ketika anda memulai usaha UKM. Karena pada akhirnya, kualitas yang akan bicara kepada para kompetitor kita di lapangan. Percuma saja kita bilang kelebihan produk yang kita miliki kalau toh produk yang sebenarnya tidak demikian. Maka dari itu, hal terbaik yang penting da harus dilakukan adalah dengan memastikan kualitas yang dimiliki harus benar-benar bagus.

Berikan Layanan Profesional

Salah satu tips sukses memulai bisnis UKM yang paling penting dan harus dilakukan adalah memberikan layanan bagus dan profesional. Semakin bagus layanannya maka akan semakin bagus pula perkembangan usaha UKM yang anda jalankan. Layanan seperti sistem pencernaan dalam manusia yang dapat berdampak fatal pada kesehatan manusia jika terjadi gangguan, begitu juga layanan.

8 Tips Sukses Memulai Bisnis UKM Agar Menang Di Pasar Jalin Hubungan
Ilustrasi Layanan Professional

Menurut Bagisaham layanan merupakan satu kunci utama dari kesuksesan UMKM. Untuk menghasilkan trust atau kepercayaan terhadap konsumen. Terkadang konsumen tidak melihat perbedaan pada harga yang ditawarkan. Melainkan layanan yang diberikan.

Kebanyakan pemilik usaha hanya terfokus pada perbedaan harga yang ditawarkan oleh kompetitornya. Mereka melupakan bahwa layanan merupakan hal yang esensial dan fundamental dalam memulai segala usaha apapun.

Menjalin hubungan dengan konsumen maupun dengan calon konsumen adalah kunci utama kesuksesan UMKM.

Pastikan Anda memberikan layanan terbaik kepada pelanggan Anda. Terutama pada era digital ini. Pelanggan dapat dengan mudah mengkritik usaha Anda, hanya karena masalah layanan Anda.

Pada buku UnMarketing: Berhenti Memasarkan. Jalin Hubungan memuat berbagai macam studi kasus yang dibeberkan oleh Scott Stratten. Kami sarankan Anda untuk membeli buku tersebut karena memuat berbagai macam cara menjalin hubungan dengan pelanggan Anda.

Scott Stratten dalam buku UnMarketing, menjalin hubungan bisa melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook untuk menjalin hubungan, memberikan layanan terbaik, dan mengkomunikasikan produk Anda kepada pelanggan maupun calon pelanggan Anda.

Lakukan Teknik Promosi Yang Tepat

Salah satu cara terbaik mengembangkan UKM adalah dengan melakukan promosi. Promosi adalah bagian penting dari sebuah bisnis. Maka dari itu agar UKM berkembang dengan baik maka lakukan promosi. Ada banyak cara promosi mulai dari dengan memasang iklan berbayar di media sosial, di Google ataupun dengan melakukan optimasi SEO di website UKM.

Anda dapat mencoba untuk mendaftarkan usaha Anda pada Google My Business. Agar usaha Anda masuk dalam listing Google secara cepat. Anda hanya mengisi foto, logo (jika ada), lokasi dan jenis usaha Anda.

Kemudian buatlah Facebook Page untuk UMKM Anda. Masukkan informasi selengkap mungkin sehingga calon konsumen Anda dapat menemukan usaha Anda.

Evaluasi Dan Lakukan Pengembangan

Tips sukses bisnis UKM terakhir yang harus dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi. Ini sangat penting sekali. Suksesnya sebuah bisnis atau perusahaan adalah karena adanya evaluasi. Bukan hanya evaluasi saja melainkan juga melakukan pengembangan dari bisnis atau usaha yang dijalakan berdasarkan hasil dari evaluasi tersebut.

Bagikan Artikel
magnifiercrosschevron-down