5 Kriteria Produk Pasar Global yang Bisa Masuk Pasar Internasional

5 Kriteria Produk Pasar Global yang Bisa Masuk Pasar Internasional

Setelah sukses di pasar lokal, sebagai seorang  pelaku usaha kecil menengah atau UMKM tentu harusnya memikirkan bagaimana agar supaya produknya bisa masuk ke pasar global atau luar negeri sebagai produk pasar global. Agar bisa masuk ke pasar global, seorang pebisnis UMKM harus memperhatikan produk yang akan dipasarkan. Karena tidak semua produk bisa masuk ke pasar global. Lalu seperti apa kriteria produk pasar global?

produk pasar global
produk pasar global
  • Memiliki Brand Legal

Kriteria pertama yang harus dimiliki ketika akan masuk ke pasar global adalah brand produk yang anda miliki harus legal dan khas. Brand harus terdaftar secara resmi dan di akui secara hukum agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Selain itu, brand yang legal juga akan terlihat lebih mahal ketimbang yang gratis.

Produk dengan brand yang resmi akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi serta daya saing yang jauh lebih tinggi. Hal ini harus diperhatikan dan dipikirkan dengan baik oleh para pemilik usaha UMKM ketika mereka akan masuk ke pasar Global. Karena pasar global dikatakan sebagai perang brand atau produk. Jika tidak memiliki brand, sulit untuk bisa bersaing dengan yang lain.

  • Memiliki Ciri Khas Dan Tidak Mudah Ditiru

Jika UMKM anda ingin masuk ke pasar global, maka salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah ciri khas dari produk yang akan anda bawa ke pasar global tersebut. Karena yang paling penting dari produk tersebut adalah unik dan mudah dikenali orang.

Jika produk kita memiliki ciri khas tertentu yang menjadi identitasnya, maka produk kita lebih mudah diterima pasar global. Selain itu, produk yang memiliki ciri khas juga akan lebih iconic di mata para konsumen pasar global nantinya. Sehingga konversi penjualannya akan lebih tinggi.

  • Dibutuhkan Konsumen

Baik pasar lokal ataupun gobal, pada dasarnya produk yang dijual itu harus memiliki Marketnya. Tentu pasar gobal dan pasar lokal itu sangat berbea sekali. Agar anda bisa menentukan bahwa produk anda tersebut memang dibutuhkan pasar global, maka anda harus melakukan riset secara mendalam.

Dengan cara ini maka anda bisa tahu produk yang dibutuhkan pasar global ini seperti apa. Dari riset ini anda bisa mendapatkan data real dari lapangan yang benar-benar dibutuhkan.

  • Kualitas Produk Sempurna

Kriteria produk pasar global  yang harus diperhatikan UMKM adalah kualitasnya. Jika saat anda produksi produk untuk pasar lokal masih ada toleransi cacat produksi di bagian quality control (QC) maka jika produksi produk pasar lokal jadi tidak berlaku lagi.

Pasar global harus di produksi dengan tingkat ketelatenan yang tinggi dan tidak ada boleh ada toleransi cacat produksi. Kualitas harus sempurna, karena jika jelek maka brand dan perusahaan akan kena imbasnya dan produk akan sulit bersaing dan sulit di terima pasar global.

  • Harga yang Terjangkau

Bukan hanya pasar lokal saja yang mempertimbangkan harga, pasar global juga sama. Cuma pertimbangan harganya buka dari sisi penawaran, melainkan dari kualitas dan standar barang yang di produksi.

Harga menjadi salah satu kriteria produk yang harus diperhatikan dengan baik oleh UMKM saat masuk pasar global. Tentukan harga sesuai dengan persentase rata-rata keuntungan pasar global. Mulai dari biaya produksi hingga biaya operasional lainnya. Pertimbangkan dengan baik semuanya, pastikan bahwa harga bersaing dengan kualitas yang tidak kalah dengan pesaing.

Simak artikel menarik lainnya di bagisaham.

Leave a Reply