Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah COVID-19 !

POLA HIDUP SEHAT UNTUK MENCEGAH COVID-19

Ayo hidup sehat hari ini ! merupakan sebuah penyemangat bagi kita dalam menjalankan gaya hidup sehat. menerapkan hidup sehat sederhana menjadi langkah awal untuk memulai hidup sehat berkualitas. Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini kita diwajibkan untuk selalu hidup sehat agar tubuh kita memiliki imunitas yang baik untuk mencegah virus menginfeksi diri kita.

POLA HIDUP SEHAT UNTUK MENCEGAH COVID-19

Perlu diketahui juga banyak penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. oleh sebab itu sudah saatnya menjalankan gaya hidup sehat sejak remaja sehingga kita terbiasa dan tetap hidup sehat hingga usia 40 tahun.

Hidup Sehat adalah hidup yang bebas dari semua masalah rohani (mental) ataupun masalah jasmani (fisik). Hidup sehat bisa diartikan sebagai seseorang yang hidup sehat secara fisik dan psikis tanpa ada masalah kesehatan sedikitpun. Seakan sudah menjadi tren di zaman sekarang, hidup sehat menjadi sebuah hal penting yang harus dilakukan. Sebab memiliki tubuh yang sehat harus diawali dengan hidup sehat dan bersih sehingga tubuh kita akan terbebas dari penyakit. Mulai sekarang sudah saatnya kita untuk memulai hidup sehat.

pola hidup sehat
Source: images.google.com

Manfaat Hidup Sehat

Mengapa hidup sehat itu penting ? saat ini masih banyak orang yang belum sadar betapa pentingnya hidup sehat untuk kehidupan sehari-hari. Memiliki tubuh yang sehat tentu akan menunjang aktivitas kita sehari-hari. Bayangkan saja jika kita memiliki penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat tentu akan merugikan diri sendiri dan juga keluarga. Sebab, aktivitas akan terganggu karena kita sakit bahkan akan banyak biaya yang keluar untuk pengobatan. Oleh sebab itu kita harus sudah sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Lebih bahagia

Selain bermanfaat untuk kesehatan, menjalankan hidup sehat juga mampu meningkatkan suasana hati. Sebab menjalankan hidup sehat mampu membuat percaya diri dan meningkatkan suasana hati. Hal tersebut karena hidup sehat dengan berolahraga dan pola makan sehat mampu menstimulasi produksi hormon endorphin yang ada dalam tubuh. Hal ini yang membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih rileks.

Meningkatkan energi tubuh

Manfaat hidup sehat selanjutnya adalah mampu meningkatkan pasokan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang aktivitas sehari hari. Menjalankan pola makan sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur dan makanan yang tinggi protein mampu memberikan banyak energi untuk tubuh

Mengurangi risiko penyakit

Menjalankan hidup sehat tentu kita akan terhindar dari masalah penyakit. Menjalankan hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika menjalankan hidup sehat tentu asupan protein, vitamin hingga nutrisi akan terpenuhi hal ini yang membuat kita terhindar dari risiko penyakit.

Baca juga: Bagaimana Sistem Kekebalan Tubuh Menunjang Kualitas Hidup Manusia

Penerapan Gaya Hidup Sehat

Menentukan pilihan gaya hidup sehat yang tepat tentu perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kemampuan fisik, dan kondisi kesehatan. Anda tidak bisa mengharapkan hasil perubahan gaya hidup yang sama dengan orang lain, misalnya mengikuti model atau aktor idola.

Terlepas dari usia, jenis kelamin, atau kemampuan fisik, berikut adalah beberapa cara untuk memulai gaya hidup sehat yang bisa langsung Anda terapkan dan jadikan rutinitas baru:

1. Mengontrol berat badan ideal

Menjaga pola makan dengan benar dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes dan mempertahankan berat badan yang ideal.

Bila Anda sedang berusaha menaikkan atau menurunkan berat badan menjadi ideal, makan makanan dengan gizi seimbang bisa membantu Anda mencapainya. Rutinlah mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. Makanan yang rendah kalori namun tinggi nutrisi ini dapat membantu Anda mencapai berat badan yang ideal dan mempertahankannya. Selain itu, penting juga untuk memulai hari dengan sarapan yang sehat, misalnya dengan susu rendah lemak atau gandum utuh. Jika Anda tidak sarapan, gula darah akan cenderung meningkat, sehingga lemak dalam tubuh juga meningkat. Jadi, usahakan untuk tidak melewatkan sarapan, ya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu untuk mengurangi minuman manis, seperti soda dan minuman kemasan, makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji, dan kudapan manis yang biasanya dalam kemasan. Pastikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi alami dan sehat.

2. Berolahraga secara teratur

Banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan jika melaksanakan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, di antaranya adalah meningkatkan kekuatan otot, memperkuat daya tahan tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, rutin berolahraga juga membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah, sehingga Anda bisa memiliki lebih banyak energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Lakukanlah setidaknya 150 menit olah raga setiap minggunya. Ini bisa Anda bagi dalam beberapa 3–5 hari. Olahraganya pun bisa yang sederhana saja, misalnya berjalan kaki dan naik-turun tangga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjalan kaki 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko meninggal di usia muda dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga.

3. Mengelola stres

Kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda, dan keduanya berjalan seiringan. Kesehatan mental yang buruk dapat menguras energi dan fokus Anda, bahkan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Untuk mengelola stres dengan baik, Anda bisa melakukan olahraga secara teratur. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik merangsang produksi endorfin. Endorfin adalah bahan kimia otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih tenang.

Selain dengan olahraga, stres juga bisa dikendalikan adalah dengan bersosialisasi. Hubungan antar manusia dapat menghilangkan rasa kesepian yang sangat bisa menyebabkan stres.

Habiskan waktu bersama keluarga atau teman secara rutin. Jika tidak bisa bersama setiap hari atau terpisah jarak dengan orang-orang terkasih, Anda bisa memanfaatkan teknologi telepon, video call, atau media sosial untuk tetap terhubung.

4. Perbaiki waktu tidur

Mengontrol waktu tidur Anda juga langkah yang sangat penting untuk gaya hidup sehat, karena kurangnya waktu tidur bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Tidak hanya merasa lelah dan lamban, Anda juga mungkin merasa mudah tersinggung dan murung.

Terlebih lagi, kualitas tidur yang buruk juga bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung, yang dapat menurunkan harapan hidup seseorang.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, sebaiknya buat jadwal tidur yang sesuai dengan kebutuhan tidur Anda dan jadwal pagi Anda. Orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 7–9 jam setiap malam. Namun, tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Selain itu, tingkatkan kualitas tidur Anda dengan mengurangi asupan kafein, terutama di waktu menjelang tidur, dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman untuk Anda.

Walau mungkin sulit berpaling dari kebiasaan lama, Anda perlu menyadari bahwa gaya hidup sehat dapat memberikan Anda hidup yang baik. Dengan hidup sehat, risiko terkena berbagai jenis penyakit penurun, kesehatan mental terjaga, energi sehari-hari meningkat, dan bonusnya, penampilan pun bisa bertambah baik.

Leave a Reply