Motivasi Jack Ma dalam Berbisnis Untuk Pengusaha

2 min read

Kita tentu tahu bahwa Jack Ma adalah pendiri dari Alibaba Group yang memiliki figur inspirasional yang berhasil membuktikan bahwa istilah from zero to hero bukanlah angan-angan saja. Nah, banyak motivasi Jack Ma yang terbukti mampu melahirkan para pengusaha sukses sampai saat ini.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan berbagai motivasi dari Jack Ma untuk Anda para pebisnis dan pengusaha di tanah air.

Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis di Indonesia

1. Bijak Menghadapi Pesaing

“Anda harus belajar dari pesaing Anda, tapi jangan pernah menjiplak. Jika Anda menjiplak, maka Anda ‘mati’.”

Pesaing atau kompetitor bukanlah sosok yang harus Anda pandang sebagai musuh. Bisnis yang dijalankan oleh mereka juga bisa Anda jadikan pelajaran, baik itu dari sisi pelayanan, produk, strategi bisnis, dan lain sebagainya.

Tapi, coba gunakanlah pelajaran tersebut untuk lebih berinovasi. Dengan terus belajar dan juga memperbarui strategi bisnis, maka bisnis Anda nantinya akan terus berkembang dan bersaing di dalam bidangnya.

Lebih dari itu, Jack Ma juga berpesan untuk lebih mengutamakan pelanggan daripada mempelajari pesaing. Karena, sebagus apapun strategi bisnis yang Anda jalankan, bila Anda tidak bisa memberikan manfaat dan juga layanan yang baik untuk pelanggan, maka usaha Anda tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: 10 Cara Membangkitkan Motivasi Usaha Dalam Diri Anda

2. Uang Bukan Satu-satunya Modal Sukses

“Kita tidak pernah kekurangan uang. Kita hanya kekurangan orang-orang pemimpi yang mampu berjuang keras untuk mimpinya.”

Selain keuangan, semangat juang dan mimpi adalah dua hal yang mampu mendorong pebisnis dalam membangun usahanya. Saat banyak cobaan datang, impian lah yang mampu memperkuat Anda untuk terus berjuang.

Kisah dari Jack Ma adalah salah satu bukti dari kerja keras dan kegigihan yang bisa mewujudkan mimpinya. Walaupun ditolak oleh 30 perusahaan dan mencoba menjadi guru Bahasa Inggris, tapi dengan semua ide dan usahanya, dia bisa menggarap inovasi pada bidang teknologi tanpa memiliki latar belakang dalam bidang itu sendiri.

3. Kenalilah Ranah Bisnis Anda dan Ciptakan Inovasi

“Beradaptasi dan berubahlah sebelum ada tren atau perubahan besar.”

Mengetahui lawan yang berada di medan perang adalah langkah awal yang baik dalam memulai bisnis. Tapi, jangan sampai terjebak dengan kenyamanan atas pengetahuan Anda pada awal menjalankan bisnis. Dunia sudah berubah sangat cepat.

Perusahaan di dalam segala bidang akan terus bersaing menarik hari para pelanggannya dan menciptakan inovasi untuk menciptakan berbagai tren baru.

Untuk itu, belajar, beradaptasi, dan memperbarui bisnis Anda secara strategis adalah suatu hal yang sangat penting dan harus diaplikasikan agar bisa bertahan di dalam dunia bisnis.

4. Pantang Menyerah dalam Berjuang

“Dalam jalan menuju sukses, Anda akan sadar bahwa orang yang sukses bukanlah orang yang suka merengek maupun yang sering mengeluh.”

Apa jadinya bila Jack Ma menyerah di tengah jalan ketika lamaran kerjanya ditolak oleh 30 perusahaan? Dan apa jadinya bila Jack Ma tidak berusaha keras untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya secara baik?

Kemungkinan besar inspirasi tidak akan bisa datang dengan cara yang sama seperti yang saat ini dirinya dapatkan. Baginya, kesuksesan adalah sesuatu hal yang hanya bisa didapatkan dan dijalani tanpa banyak mengeluh.

Setiap rasa lelah pasti akan selalu ada, karena semuanya tidak akan mungkin terus berjalan sesuai dengan keinginan. Ada baiknya hal tersebut diatasi dengan cara beristirahat yang cukup dan juga berusaha sesuai dalam jangkauan kemampuan Anda.

5. Tempatkan Fokus terhadap Pelanggan dan Pegawai Anda

“Kesuksesan dan keuntungan adalah hasil dari fokus terhadap pelanggan dan pekerja, bukan tujuan.”

Tenaga kerja dan pelanggan adalah faktor utama yang mampu mempertahankan bisnis Anda agar bisa terus berjalan. Mempunyai visi ataupun tujuan dalam usaha tertentu juga adalah hal yang tidak kalah pentingnya dengan dua elemen tersebut.

Tapi, Jack Ma sendiri membuktikan bahwa keuntungan dan kesuksesan dalam menjalankan bisnis datang dari hasil fokus dan kegigihannya dalam menjaga kepuasan pelanggan dan meningkatkan kesejahteraan pegawainya, bukan hanya dari visinya dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: 10 Hal yang Bisa Membangkitkan Motivasi Berbisnis Anda

Penutup

Berdasarkan kelima pesan motivasi di atas, Jack ma banyak menekankan bahwa suatu hal yang harus setiap pebisnis harus fokuskan dalam menjalani bisnis adalah tentang bagaimana usahanya dalam memberikan manfaat pada pelanggan dan para pekerja.

Perjuangannya pun membuktikan bahwa pendidikan, status, dan kondisi ekonomi seseorang tidak selamanya menjadi hal yang penting dalam memulai bisnis. Usaha keras dan kemampuan dalam melihat peluang lah yang nantinya mampu mengantarkan Jack Ma menjadi dirinya seperti saat ini.

Anda bisa mengikuti langkah emas dari Jack Ma dan mulai meningkatkan fokus pada karyawan dan pelanggan Anda dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? karena dengan menggunakan Accurate Online, seluruh laporan keuangan dan laporan bisnis Anda akan tercatat secara otomatis, cepat dan akurat tanpa adanya tumpukan kertas yang memusingkan.

Selain itu, mengelola bisnis dan membuat keputusan yang bijak pun akan menjadi lebih mudah karena Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul luar biasa.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau.

Bahkan, Anda bisa langsung mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari secara gratis dengan hanya klik banner di bawah ini.

Avatar photo

Bisnis Seni Lukis Mural dan Cuan Besar di Dalamnya

Dewasa ini, seni melukis dinding atau yang banyak dikenal dengan lukis mural semakin terkenal di berbagai kota besar di Indonesia. Jika sebelumnya seni melukis...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery untuk Anda Para…

Cake and bakery menjadi salah satu bisnis kuliner yang banyak peminatnya, terutama di Indonesia. Bisnis ini juga menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati...
Avatar photo bagisaham
3 min read

Aplikasi Toko: Jalankan Bisnis dengan Lebih Mudah

Saat Anda ingin membuka bisnis baru, terutama bisnis retail atau pertokoan, maka Anda akan sangat memerlukan aplikasi yang mampu membantu Anda untuk mencatat transaksi...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.