Modal Usaha Warkop dan Cara Menjalankannya

2 min read

Bila kita amati secara teliti, setiap daerah, mulai dari perkampungan sampai kawasan perkotaan, akan selalu ada lokasi yang dikenal dengan warkop atau warung kopi. Walaupun bisnis ini terlihat sederhana, namun belum banyak orang yang mengetahui modal usaha warkop dan cara menjalankannya.

Karena walaupun memang terlihat sederhana, namun bisnis ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Membuka warkop menjadi salah satu peluang bisnis yang masih menjanjikan bila Anda bisa melakukannya dengan baik.

Namun, berapakah modal usaha warkop tersebut? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Rincian Modal Usaha Warkop (Warung Kopi)

Dengan tingginya minat masyarakat terhadap kopi, maka semakin tinggi juga orang-orang yang melihat bahwa menjalankan usaha warkop adalah peluang yang cukup menjanjikan.

Bila Anda ingin menjadi salah satu diantara pebisnis warkop, maka salah satu hal penting yang harus Anda perhitungkan adalah modal usaha warung kopi. Nah, berikut ini adalah rincian modal usaha warkop yang harus Anda persiapkan.

  1. Peralatan lengkap kopi, yang terdiri dari syphon, V60, Mesin Espresso, grinder, scale, french press, milk jug, dan milk steamer, sekitar 7,2 juta rupiah.
  2. Peralatan lainnya yang mencakup glassware, silverware, kulkas kecil, dan blender, sekitar 2 juta rupiah.
  3. Berbagai bahan minuman yang mencakup susu dan kopi, sekitar 1,2 juta rupiah.
  4. Peralatan interior seperti aksesoris, 4 jenis meja kursi, berbagai peralatan bersih-bersih, dan CCTV, sekitar 2,6 juta rupiah.
  5. Alat pembayaran, seperti cash drawer dan mesin kasir, sekitar 3,4 juta rupiah.
  6. Biaya lainnya yang mencakup listrik sebesar 13 Volt Ampere, biaya perizinan usaha perseorangan, dan lain-lainnya sekitar 2,2 juta rupiah.

Jadi, nominal modal usaha warkop atau warung kopi sederhana yang harus Anda keluarkan sebenarnya tidak lebih, atau bahkan kurang dari 20 juta rupiah, namun biaya ini belum termasuk biaya sewa tempat. Jadi, jangan lupa juga untuk membuat modal anggaran untuk sewa tempat usaha Anda.

Baca juga: Branding Kopi dan Strategi Jitu Membangunnya

Tips Menjalankan Usaha Warung Kopi

Setidaknya ada 7 tips yang bisa Anda lakukan untuk membuka usaha warung kopi, yaitu:

  1. Menentukan target konsumen secara lebih jelas.
  2. Menentukan lokasi tempat warung kopi.
  3. Memahami dan menghitung nominal pasti terkait modal usaha warung kopi.
  4. Mencari pemasok kopi berkualitas.
  5. Membuat konsep warung kopi yang lebih menarik dan berbeda daripada yang lain.
  6. Membuat strategi pemasaran yang tepat.
  7. Memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Mempersiapkan SDM untuk Usaha Kopi

SDM atau sumber daya manusia adalah salah satu hal yang memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis warung kopi. Setiap peracik kopi atau barista harus berlatih secara serius dan tidak boleh asal. Pelatihan barista ini memang memerlukan biaya yang cenderung besar.

Namun Anda tidak boleh khawatir, karena menjadi barista bisa dilakukan secara otodidak. Terdapat cara mudah dan gratis agar sedikit lebih mahir dalam hal meracik kopi, caranya adalah sebagai berikut:

  • Mencari sumber untuk bahan belajar dari internet. Cobalah untuk selalu menggali berbagai situs terkait kopi dan ilmu barista yang banyak tersebar di Internet.
  • Cobalah untuk banyak belajar dari barista yang lain.
  • Terus berlatih dan membaca buku. Membaca buku tentang kopi dan melakukan latihan terus menerus adalah dua hal yang mampu mengawali Anda agar bisa menjadi seorang barista berkualitas.

Baca juga: Ingin Bisnis Franchise Kopi Kenangan? Ini Caranya!

Gencar Melakukan Promosi

Dalam berbagai jenis usaha, promosi adalah suatu hal yang sangat penting yang harus Anda lakukan. Promosi ini yang nantinya akan membuat banyak orang untuk mengetahui keberadaan usaha warung kopi yang saat ini sedang Anda jalankan.

Strategi pemasaran bisa Anda lakukan lewat beragam cara, baik itu secara digital ataupun secara konvensional. Untuk promosi konvensional, Anda bisa coba membuat brosur, spanduk ataupun pamflet.

Selain itu, Anda pun harus memaksimalkan digital marketing. Cobalah untuk memanfaatkan internet sebagai saluran marketing Anda. Karena saat ini, tren pemasaran yang ampuh adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Baca juga: Bisnis Kopi Gula Aren, Kenapa Banyak Sekali Peminatnya?

Penutup

Jadi, dalam memulai suatu usaha ataupun bisnis, selain memerlukan ilmu yang cukup, Anda juga membutuhkan kesabaran dan juga ketekunan. Kenapa? karena usaha untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis tidak bisa diraih secara instan, namun memerlukan waktu yang cenderung lama.

Namun bila Anda ingin lebih praktis dan mudah dalam mengelola bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi cloud computing berbasis website, lengkap dengan tingkat keamanannya yang tinggi. Sehingga, Anda tinggal mengaksesnya saja melalui aplikasi browser favorit di mana dan kapan saja Anda butuhkan.

Selain itu, aplikasi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 483 ribu pebisnis di Indonesia ini sudah berhasil mendapatkan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2022. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi meragukan keunggulan dari Accurate online.

Accurate online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara otomatis, cepat dan akurat. Di dalamnya pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan bonus yang akan membuat bisnis Anda berjalan lebih efisien, seperti fitur persediaan, perpajakan, penjualan, pembelian, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Bahkan, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau.

Masih ragu? Anda bisa terlebih dahulu mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.

Avatar photo

Bisnis Seni Lukis Mural dan Cuan Besar di Dalamnya

Dewasa ini, seni melukis dinding atau yang banyak dikenal dengan lukis mural semakin terkenal di berbagai kota besar di Indonesia. Jika sebelumnya seni melukis...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery untuk Anda Para…

Cake and bakery menjadi salah satu bisnis kuliner yang banyak peminatnya, terutama di Indonesia. Bisnis ini juga menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati...
Avatar photo bagisaham
3 min read

Aplikasi Toko: Jalankan Bisnis dengan Lebih Mudah

Saat Anda ingin membuka bisnis baru, terutama bisnis retail atau pertokoan, maka Anda akan sangat memerlukan aplikasi yang mampu membantu Anda untuk mencatat transaksi...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.