6 Tips Memecahkan Masalah ala Albert Einstein?

6 Tips Memecahkan Masalah ala Albert Einstein?

Albert Einstein pernah berkata, “Anda tidak bisa menyelesaikan masalah dengan pikiran yang sama yang menciptakannya.”

Untuk memecahkan masalah yang jelas-jelas Anda bantu buat, Anda harus mulai dengan pikiran yang baru dan segar. Misalnya, seorang wanita berpikir, “Jika saya dapat mengubah pekerjaan saya, hidup saya akan lebih baik.” Mungkin. Tetapi hidup biasanya tidak berjalan seperti itu. Wanita itu mungkin melakukan dan memikirkan pikiran yang sama seperti biasanya. Tidak ada yang baru atau segar yang masuk. Jika Anda ingin melakukan perubahan, keluarlah dari diri Anda dan lihat situasinya dengan mata segar. Lihat bagaimana Anda menilai masalah Anda menggunakan pola pikir yang berbeda.

memecahkan masalah
memecahkan masalah

Cobalah keenam cara ini untuk berpikir dengan pikiran yang berbeda — dan dorong kejeniusan Anda untuk bertindak :

1. Hancurkan pola. Anda menemukan diri Anda berjalan atau mengemudi rumah hanya untuk tersentak waspada dan bertanya-tanya bagaimana Anda sampai di sana. Jalannya sangat akrab sehingga Anda mengikutinya secara otomatis. Hal yang sama terjadi di pikiran Anda.

Jalur saraf otak Anda seperti jalan yang menghubungkan bit (denyut) informasi. Anda belajar sesuatu dengan menghubungkan bit. Kemudian Anda melakukannya berulang-ulang sampai mengikuti jalur itu menjadi otomatis, yang memungkinkan Anda untuk secara efektif memberikan pidato atau mengayunkan tongkat golf.

Pola jarang mudah dipatahkan, namun memecah suatu pola adalah cara yang bagus untuk menemukan solusi baru untuk masalah yang berulang. Pedagang grosir memikat kami untuk mengeluarkan uang lebih banyak dengan mengisi toko mereka dengan pola yang dirancang oleh eksekutif pemasaran yang cerdas. Tapi pembeli yang cerdas memaksakan pola pembelian mereka sendiri, membeli barang yang tidak mudah rusak terlebih dahulu sehingga makanan beku mereka tidak akan meleleh dalam perjalanan pulang.

Hancurkan pola pemikiran lama dengan mencoba cara-cara baru dalam melakukan tugas yang akrab. Pergi ke kedai kopi yang tidak dikenal untuk mencari ide, dan Anda dapat menemukan solusi baru.

2. Cari pola baru. Konsep untuk komputer saat ini berasal dari pola lubang yang digunakan untuk menenun kain Jacquard yang berhias. Pada alat tenun awal yang sangat besar, lubang yang dilubangi dengan pola kertas memungkinkan kait untuk menembus dan meraih benang pada posisi yang ditentukan, menciptakan tenunan yang rumit. Pengambilan sensus awal mengubah pola ini untuk membuat kartu berlubang, yang mencatat rincian tentang imigran yang memasuki Amerika Serikat. Kemudian, IBM memperluas pola ini ke tingkat yang luar biasa.

Demikian juga, saya menggunakan pola diagnosa perawat saya (penilaian-diagnosis-intervensi-evaluasi) untuk berhasil mengatasi masalah dalam bisnis saya. Proses menggabungkan teknik dan pola dari satu disiplin ilmu untuk memecahkan masalah secara kreatif di bidang lain dapat menghasilkan solusi cerdas yang mungkin tidak pernah terjadi.

3. Ubah tindakan atau perilaku kecil. Alih-alih segera pergi ke komputer Anda ketika Anda sampai di kantor, jika itu kebiasaan Anda, lebih baik berhenti menulis daftar pendek apa yang ingin Anda capai. Kemudian nyalakan. Mengubah tindakan, bahkan tindakan kecil, akan sering mengubah proses berpikir Anda. Goyang jenius internal Anda dan temukan kemungkinan baru yang sensasional.

Baca Juga Tips tidak merasakan sedih saat putus cinta

4. Tantang rintangan Anda. Lepaskan gagasan bahwa Anda tidak punya cukup waktu, energi, uang, atau disiplin untuk melakukan apa yang diperlukan untuk berhasil. Sering-seringlah bertanya pada diri sendiri, “Keyakinan, gagasan, dan kegiatan apa yang menghalangi kemajuan saya? Apa yang harus saya ubah untuk menghapus hambatan ini? ” Hambatan terbesar saya adalah percaya bahwa saya tidak punya cukup waktu. Ketika saya menantang pikiran itu, secara ajaib saya membuat lebih banyak hal terjadi.

5. Menjadi suara Anda sendiri yang lain. Sekolah hukum mengajari saya untuk memikirkan kedua sisi masalah, seperti petinju yang mengantisipasi setiap pukulan lawan. Semakin Anda mengantisipasi ide-ide yang berlawanan dan dampaknya, semakin baik Anda menyusun strategi untuk sukses dan menghindari pukulan taktis. Pengacara yang sukses menghabiskan banyak waktu dalam pikiran lawan mereka seperti halnya mereka sendiri. Baik itu masalah karier atau masalah pribadi yang sedang Anda selesaikan, berlatihlah menjadi suara Anda sendiri yang lain.

6. Pertanyakan setiap asumsi. Kutipan Einstein lain yang saya suka adalah, “Yang penting adalah tidak berhenti bertanya.” Menjadi orang yang paling buta komputer di kantor saya, saya tidak memiliki anggapan tentang perangkat lunak apa yang dapat dan tidak bisa dilakukan. Saya pikir dengan pikiran yang sama sekali berbeda dari teknisi kami. Berkali-kali saya meminta mereka untuk membuat perangkat lunak bekerja dengan cara tertentu. Setelah mereka memberi tahu saya semua asumsi yang telah mereka buat sebelumnya mengapa tidak bisa, saya mengangkat bahu dan memberitahu mereka untuk tetap melakukannya. Dua hari kemudian perangkat lunak biasanya bekerja persis seperti yang saya bayangkan. Pikiran yang bertanya lebih cenderung mendapatkan jawaban.

Mulai hari ini, pikirkan pikiran mana yang Anda miliki sebelum Anda mengatasi tantangan. Masalah Anda tidak akan hilang, dan Anda mungkin tidak menemukan solusi secara instan, tetapi dengan menjaga kemungkinannya, Anda membiarkan otak Anda dengan mudah menemukan solusi di kemudian hari. Saya harus keluar dari kelas yoga untuk menuliskan ide karena saya punya “Eureka!” momen di tengah pose. Anda mungkin tidak pernah berpikir seperti Albert Einstein, tetapi pola-pola baru, pemikiran baru dan perilaku baru akan mendorong kejeniusan dalam diri Anda.

One comment

  1. […] Baca Juga : 6 Tips Memecahkan Masalah ala Albert Einstein? […]

Leave a Reply