Kurang Percaya Diri ? Ini 5 Solusinya !

Anda Kurang Percaya Diri ? Ini 5 Solusinya !

Kurang Percaya Diri
Illustrasi kurang percya diri

Apakah Anda masih tetap merasa diri anda rendah, padahal sudah membaca semua artikel dan menonton acara TV bahkan Youtube dengan topik kepercayaan diri? Apakah hal ini hampir selalu menjadi masalah dan sepertinya mustahil diatasi? Anda bukanlah orang pertama yang merasa terjebak karena kurang percaya diri. Kabar baiknya, Anda bisa merasa lebih percaya diri dengan berfokus mengembangkan bakat dan potensi yang Anda miliki.

Mungkin sebagian orang menganggap kepercayaan diri ini merupakan hal yang sepele, pun begitu percaya diri bisa mendatangkan banyak kebaikan dan nilai positif bagi orang yang memilikinya.

Orang yang percaya diri cenderung melihat hidup mereka dalam cahaya positif bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik. Mereka juga biasanya memiliki rasa syukur yang tinggi dan mampu menghargai diri mereka.

Pengertian Percaya Diri

Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005 hal 87), percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.

Macam-Macam Percaya Diri

Self-concept : bagaiman Anda menyimpulkan diri anda secara keseluruhan, bagaimana Anda melihat potret diri Anda secara keseluruhan, bagaimana Anda mengkonsepsikan diri anda secara keseluruhan.

Self-esteem : sejauh mana Anda punya perasaan positif terhadap diri Anda, sejauhmana Anda punya sesuatu yang Anda rasakan bernilai atau berharga dari diri Anda, sejauh mana Anda meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam diri Anda.

Self efficacy : sejauh mana Anda punya keyakinan atas kapasitas yang Anda miliki untuk bisa menjalankan tugas atau menangani persoalan dengan hasil yang bagus (to succeed). Ini yang disebut dengan general self-efficacy. Atau juga, sejauhmana Anda meyakini kapasitas anda di bidang anda dalam menangani urusan tertentu. Ini yang disebut dengan specific self-efficacy.

Self-confidence: sejauhmana Anda punya keyakinan terhadap penilaian Anda atas kemampuan Anda dan sejauh mana Anda bisa merasakan adanya “kepantasan” untuk berhasil. Self confidence itu adalah kombinasi dari self esteem dan self-efficacy (James Neill, 2005)

Illustrasi kurang percaya diri

Lalu bagaimana cara untuk menumbuhkan percaya diri ini? Dirangkum dari inc.com, berikut lima poin yang dapat diikuti untuk menumbuhkan rasa percaya diri Anda.

Baca Juga : 6 Tips Memecahkan Masalah ala Albert Einstein?

  • Jauhi hal negatif dan hasilkan yang positif

Di tips pertama, Anda dianjurkan untuk meninggalkan orang-orang di lingkaran termasuk teman dan rekan jika hanya memberikan efek negatif di diri Anda. Dengan meninggalkan orang-orang yang membawa pengaruh negatif, maka Anda juga harus mencari lingkaran baru yang lebih positif.

Selain itu, berhentilah berfokus pada masalah hidup Anda dan mulai memikirkan solusi dan buat perubahan positif.

  • Ubah bahasa tubuh

Mengubah bahasa tubuh juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada seseorang. Salah satu contoh mudahnya adalah dengan tersenyum. Selain akan membuat Anda merasa lebih baik, tersenyum dipercaya juga akan membuat nyaman orang-orang di sekitar Anda. Selain itu menggunakan pakaian yang bagus dan berdandan dengan rapih juga bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda.

  • Jangan menerima kegagalan dan singkirkan suara negatif

Membangun mental yang kuat menjadi tips selanjutnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Jika Anda dilanda kegagalan maka jangan menyerah dan coba lagi. Selain itu, jika Anda adalah orang dengan percaya diri yang rendah, maka segera singkirkan pikiran negatif yang ada di otak Anda karena dengan memikirkan hal yang seharusnya tidak dipikirkan hanya akan membuat Anda semakin tidak mempunyai rasa percaya diri.

  • Bersiap

Tips keempat juga tidak kalah pentingnya adalah melakukan persiapan. Bersiap di sini maksudnya adalah mempelajari semua yang perlu diketahui tentang bidang Anda. Dengan persiapan yang matang maka bisa dipastikan rasa percaya diri Anda akan meningkat.

Misalnya, Anda akan dihadapkan dengan sebuah meeting. Maka pastikan bahan untuk keperluan meeting tersebut sudah Anda siapkan. Dengan persiapan yang matang, akan menghindari Anda dari rasa panik dan akan membangun rasa percaya diri.

  • Buat daftar kenikmatan

Tips terakhir adalah tentang motivasi untuk diri sendiri. Hidup memang penuh dengan kejutan dan tantangan. Tidak ada seorang pun yang tahu tentang hari esok. Maka untuk mempersiapkannya Anda bisa membuat daftar semua hal dalam hidup Anda yang Anda syukuri. Buat daftar di secarik kertas dan tempelkan di mana pun selagi Anda bisa dengan mudah melihatnya. Gunanya, saat Anda mengalami penurunan percaya diri, Anda bisa melihat kembali daftar tersebut sehingga Anda bisa terinspirasi lagi oleh diri Anda sendiri.

Baca Juga : Cara membuat anggaran keluarga

Kamu tidak harus menjadi percaya diri saat ini juga. Ketahuilah, bahwa setiap orang memiliki proses yang berbeda untuk menjadi percaya diri dan melakukan kesalahan saat proses berlangsung adalah wajar. Percayalah pada dirimu sendiri, bahwa kamu dapat menjadi lebih percaya diri dan melakukan yang terbaik. Hilangkan pikiran-pikiran negatif atas resiko ditertawakan atau melakukan kegagalan.

Percayalah pada kekuatan pikiran. Saat kamu berpikir positif, maka kamu dapat melakukan yang terbaik.

Oke, segitu dulu ya tips tampil percaya diri. Cobalah untuk melakukannya. Semoga sukses!

Leave a Reply