Keamanan Online Banking !

Keamanan Online Banking sangat harus diperhatikan !

Keamanan Online Banking sangat harus diperhatikan Perbankan selalu menjadi bagian besar dari kehidupan kita dan mungkin akan selamanya. Perbankan tanggal kembali ke zaman kuno; Para Bank paling awal adalah kuil keagamaan kuno. Warga kemudian menyimpan koin emas dan barang berharga lainnya di Kuil karena tempat ini dibangun dengan kuat, selalu dijaga, dan yang terpenting, adalah sakral. Di Yunani kuno, Kuil juga tempat di mana transaksi keuangan dan catatan kredit sudah digunakan untuk mengurangi risiko dalam membawa dan pengangkutan uang ke tempat yang berbeda.

Keamanan Online Banking !
Ilustrasi Kartu Kredit

Baca Juga : 6 Tips Memecahkan Masalah ala Albert Einstein?

Sejak saat itu, perbankan berevolusi dalam banyak aspek. Peraturan perbankan telah dirumuskan, Layanan tambahan seperti pinjaman menjadi bagian dari perbankan dan hal seperti menambahkan bunga ke pinjaman menjadi praktik bank umum. Sekarang dengan teknologi terbaru dan internet, perbankan telah mengambil dimensi baru. Sekarang orang dapat mengakses rekening bank secara online dan bertransaksi dengan Bank dengan lebih nyaman dan aman melalui internet.

Tujuan Jasa Perbankan

Jasa perbankan sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Jasa perbankan pada umumnya terbagi atas dua tujuan:

Pertama, sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang efisien bagi nasabah. Untuk ini, bank menyediakan uang tunai, tabungan dan kartu kredit. Ini adalah peran perbankan yang paling penting dalam kehidupan ekonomi. Tanpa adanya penyediaan alat pembayaran yang efisien ini, maka barang hanya dapat diperdagangkan dengan cara barter yang memakan waktu.


Kedua, dengan menerima tabungan dari nasabah dan meminjamkannya kepada pihak yang membutuhkan dana, berarti bank meningkatkan arus dana untuk investasi dan pemanfaatan yang lebih produktif. Bila peran ini berjalan dengan baik, ekonomi suatu negara akan meningkat. Tanpa adanya arus dana ini, uang hanya berdiam di saku seseorang, orang tidak dapat memperoleh pinjaman dan bisnis tidak dapat dibangun karena mereka tidak memiliki dana pinjaman.

Baca Juga : Cara membuat anggaran keluarga

Perbankan online

Melakukan transaksi Bank melalui internet umumnya disebut sebagai perbankan online atau Internet Banking. Bentuk perbankan ini memungkinkan konsumen untuk secara langsung mengakses rekening bank mereka secara online (biasanya rekening tabungan) dan mendapatkan informasi tentang account mereka. Sistem Direct-to-Consumer ini lebih cepat dan lebih nyaman bagi konsumen dibandingkan dengan sistem perbankan tradisional. Terutama jika Anda ingin menarik uang setelah jam perbankan atau melakukan transfer dari kenyamanan rumah Anda sendiri, sistem perbankan ini mungkin merupakan solusi termudah dan satu-satunya. Yang perlu Anda lakukan adalah terhubung ke Internet melalui komputer pribadi Anda dan mengakses rekening bank Anda langsung.

Bank khusus online

Sebagian besar Bank populer menawarkan perbankan online sebagai salah satu layanan mereka; Namun ada juga beberapa bank yang bertransaksi bisnis secara eksklusif online, sehingga Anda tidak memiliki pilihan lain selain untuk mengakses rekening bank Anda secara online dan memanfaatkan layanan Bank lain melalui internet. Yang terakhir disebut sebagai Bank hanya online. Bank ini hampir ada namun mereka menyediakan layanan Bank tradisional menawarkan hanya bahwa mereka dilakukan melalui internet.

Manfaat

Hari ini sebagai hidup adalah lebih banyak waktu mengkonsumsi daripada sebelumnya orang dalam menggunakan internet dalam beberapa cara, termasuk mendapatkan akses ke rekening bank mereka secara online, hanya online Bank terbukti menjadi lebih nyaman dan bermanfaat. Selain transaksi cepat, satu juga dapat keuntungan dari suku bunga bank tinggi dan biaya transaksi umumnya lebih murah mengingat bahwa hanya online Bank hanya beroperasi secara online. Biaya pemrosesan transaksi Bank lebih rendah sehingga bank mampu memberikan tingkat suku bunga yang tinggi kepada konsumen pada rekening tabungan dan transaksi yang lebih murah.

Industri perbankan online

Meskipun internet sedang digunakan banyak, hanya online industri perbankan mulai berkembang hanya beberapa saat di 2000 ketika bank online yang populer merancang jauh lebih sederhana dan lebih nyaman transaksi perbankan online dan dibayar konsumen tingkat bunga yang lebih tinggi. Dari Bank paling awal yang mencoba bentuk perbankan ini tidak berhasil karena biaya transaksi yang mahal dan tingkat bunga yang lebih rendah. Namun, prosedur dalam mendapatkan akses ke rekening bank online yang lebih rumit dan konsumen takut penipuan internet dan penipuan internet. Industri akhirnya tumbuh lebih besar dan lebih stabil tengah 2004 sebagai penggunaan internet menjadi lebih dan lebih terpercaya, lazim dan aman. Perbankan tidak akan pernah sama dan tidak akan pernah melihat kembali lagi.

Leave a Reply