Kartu Nama Bisnis, Ini Peran Pentingnya Untuk Bisnis Anda

2 min read

Sebagian dari Anda mungkin masih ada yang menganggap bahwa kartu nama bisnis sudah tidak berlaku lagi di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini. Karena, nomor handphone sampai dengan email bisa ditemukan dengan mudah di beberapa platform bisnis.

Namun, kartu nama bisnis kenyataannya tetap memiliki peran yang penting dalam menunjang performa Anda sebagai pebisnis.

Nah, artikel kali ini akan membahas tentang kartu nama bisnis dan peran pentingnya untuk Anda di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini.

Pengertian dan Peran Penting Kartu Nama Bisnis

Kartu nama bisnis adalah suatu kartu kecil yang di dalamnya berisi beberapa informasi penting terkait nama, jabatan, sampai dengan kontak yang bisa dihubungi. Kartu nama ini tidak hanya mampu menggambarkan posisi seseorang, namun juga sebagai representasi tempat orang tersebut bekerja.

Tentu kita tahu bahwa saat ini sudah banyak bisnis yang beralih ke dunia digital. Bahkan, mungkin Anda sendiri sering menyelesaikan pekerjaan secara digital daripada dengan menggunakan berbagai alat bantu yang lebih bersifat konvensional. Tapi meskipun begitu, peran penting dari kartu nama tetap tidak tergantikan.

Sampai sekarang belum ada yang mampu menyaingi kehadiran kartu nama bisnis, khususnya dalam hal keterjangkauan dari sisi waktu dan juga tempat.

Untuk itu, jangan heran bila masih banyak perusahaan multinasional yang masih memanfaatkan kartu nama. Selain itu, kartu nama pun jauh lebih fleksibel untuk diberikan pada beberapa kegiatan tertentu.

Terlebih lagi, meskipun Indonesia memang memiliki tingkat penetrasi digital yang tinggi, hal tersebut tidak memberikan jaminan pada semua lapisan masyarakat untuk bisa mengakses digital. Terlihat sederhana tapi bisa menghambat.

Baca juga: Mengenal Sistem Informasi Bisnis dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Tujuan Dibuatnya Kartu Nama Bisnis

Tujuan dari dibuatnya kartu nama bisa dilihat dari siapa yang memberikan ataupun yang menerima kartu itu sendiri. Contohnya untuk para tim marketing, kartu nama tidak hanya berguna untuk memberikan informasi detail terkait informasi kontak saja, tapi juga sebagai representasi dari perusahaan Anda.

Sehingga, jangan heran bila banyak perusahaan yang sangat totalitas dalam membuat konsep kartu nama dari bentuk, warna, ruang yang digunakan, penempatan logo, dan lain sebagainya.

Sedangkan dari sudut pandang pelanggan, tujuan dari dibuatnya kartu nama bisnis adalah karena biasanya calon pelanggan akan mulai melakukan identifikasi kualitas perusahaan dari kartu nama.

Bahkan, ada penelitian yang membuktikan sebanyak 72% orang membentuk perspektifnya terkait suatu perusahaan setelah mereka melihat kartu nama.

Selain itu, tujuan lain dibuatnya kartu nama bisnis adalah sebagai berikut:

1. Lebih Mudah Dalam Memberikan Informasi Personal

Adanya pertukaran informasi terkait berbagai hal personal, seperti nama dan nomor telepon yang bisa dihubungi atau email, adalah suatu hal yang sudah lumrah dalam dunia bisnis. Dengan memberikan kartu nama, tentunya hal tersebut akan memudahkan Anda dan informasi yang diberikan pun nantinya bisa diarsipkan secara baik.

2. Alat Direct Marketing Paling Efektif

Jika Anda ingin mengetahui cara agar orang lain mengetahui bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan, Anda bisa memberikan kartu nama Anda. Sehingga, kolega Anda akan selalu mengingat perusahaan ataupun bisnis yang sedang Anda jalankan.

3. Jadi Representasi Bagaimana Bisnis Anda Secara Jelas

Jangan heran jika banyak perusahaan yang tidak segan untuk mengkonsultasikan desain kartu nama mereka pada desainer terbaik. Tujuannya adalah agar bisa menampilkan representasi terbaik dari perusahaan melalui kartu nama bisnis.

4. Membangun First Impression Yang Baik

Untuk para pebisnis, first impression tidak hanya bisa dibangun lewat penampilan saja, tapi juga bisa dari kartu nama yang diberikan pada kliennya. Inilah alasan kenapa para pebisnis selalu membawa kartu nama bisnisnya sebagai salah satu bentuk kesiapan.

5. Memberikan Kartu Bisnis Dianggap Lebih Etis

Beberapa budaya atau kultur ada yang menganggap bahwa menanyakan nomor telepon atau kontak secara langsung tanpa perkenalan adalah hal yang tidak sopan. Nah, disinilah peran penting dari kartu nama Anda.

6. Membangun Kepercayaan Konsumen

Semakin ketatnya kompetisi bisnis di sekitar Anda akan membuat Anda untuk terus bekerja keras demi memperoleh kepercayaan dari konsumen.

Dengan adanya kartu nama, Anda tidak hanya sedang memperkenalkan bisnis Anda, namun juga bisa menjawab berbagai pertanyaan dari masalah konsumen lewat produk atau jasa yang Anda tawarkan.

7. Salah Satu Cara Berjejaring Yang Efektif

Kartu nama akan memudahkan Anda untuk meningkatkan penjualan sampai melakukan jejaring personal. Dengan adanya jaringan bisnis yang kuat, maka Anda bisa membangun identitas brand yang jauh lebih kuat. Nah untuk mencapai hal tersebut, kartu nama  mampu dijadikan solusi.

Baca juga: 5 Manfaat Menjalankan Bisnis Online di Era Digital Seperti Sekarang

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang kartu nama bisnis, lengkap dengan pengertian, peran penting dan tujuan dibuatnya kartu nama di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini.

Namun, ada hal lain yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis, terlebih lagi di zaman yang sudah serba digital. Hal lain tersebut adalah penerapan teknologi, dan salah satu rekomendasi teknologi yang bisa Anda terapkan adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis.

Tertarik menggunakan Accurate Online? klik banner di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, Gratis!

Avatar photo

Bisnis Seni Lukis Mural dan Cuan Besar di Dalamnya

Dewasa ini, seni melukis dinding atau yang banyak dikenal dengan lukis mural semakin terkenal di berbagai kota besar di Indonesia. Jika sebelumnya seni melukis...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery untuk Anda Para…

Cake and bakery menjadi salah satu bisnis kuliner yang banyak peminatnya, terutama di Indonesia. Bisnis ini juga menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati...
Avatar photo bagisaham
3 min read

Aplikasi Toko: Jalankan Bisnis dengan Lebih Mudah

Saat Anda ingin membuka bisnis baru, terutama bisnis retail atau pertokoan, maka Anda akan sangat memerlukan aplikasi yang mampu membantu Anda untuk mencatat transaksi...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.