Tempat Usaha Instagramable Adalah Tempat Menguntungkan

5 min read

Tempat Usaha Instagramable Adalah Tempat Menguntungkan 2

Tempat Usaha Instagramable Adalah Tempat Menguntungkan, Benarkah?

Saat ini, tren tempat usaha instagramable adalah tren yang sudah semakin menjamur di berbagai kota di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas karena banyaknya para pengguna aktif Instagram yang ada di Indonesia.

Keinginan untuk terus mengabadikan momen seru dan mengunggahnya ke Instagram juga membuat banyak orang saat ini semakin berlomba-lomba untuk mencari spot tempat yang instagramable, mulai dari restoran, café, taman kota, mall, sampai tempat wisata alam.

Adanya tren ini menandakan bahwa kebutuhan akan tempat yang instagramable sudah cukup tinggi di Indonesia?

Tapi, apa sebenarnya arti dari instagramable itu sendiri? Bagaimana manfaatnya untuk para pebisnis? Lalu, apakah ada tips untuk membuat tempat usaha yang instagramable? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tempat usaha instagramable di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Instagramable

Pada dasarnya, instagramable adalah suatu bahasa gaul yang banyak diucapkan para anak muda. Kata instagramable adalah gabungan dari dua kata bahasa Inggris, yaitu Instagram dan Able.

Tentunya Instagram ini merujuk pada platform media sosial berbagi foto itu sendiri, sedangkan able memiliki arti layak. Jadi, instagramable adalah suatu hal yang layak untuk di-upload ke platform Instagram.

Baik disadari atau tidak, istilah dari instagramable ini mampu menciptakan eksklusivitas tersendiri, karena tidak semuanya dianggap layak untuk difoto dan di-upload ke halaman media sosial. Kehadiran dari elemen eksklusivitas ini membuat setiap orang untuk rela mendatangi berbagai tempat instagramable, tidak peduli jarak dan juga waktu yang harus mereka habiskan.

Namun, fenomena ini seperti dua sisi mata uang. Di satu sisi, trend instagramable sudah menciptakan suatu peluang bisnis terbaru yang sebelumnya belum pernah ada. Namun lain sisi, tren tempat instagramable menjadi kurang sustain bila pebisnis tidak menawarkan produk yang benar-benar memang disukai para pelanggan.

Contoh sederhananya, saat ini banyak muncul ke permukaan restoran atau café yang mengejar unsur instagramable. Mereka rela mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk melakukan dekorasi tempat yang indah saat difoto.

Tapi, pengelola dari restoran atau café ini kurang fokus pada penawaran produk utamanya. Hasilnya, konsumen hanya akan mendatangi tempat usaha hanya untuk foto saja, memesan menu yang ala kadarnya, serta tidak kembali lagi ke tempat usaha tersebut.

Untuk itu, bila Anda ingin membuat tempat usaha yang lebih instagramable, pastikanlah produk yang Anda tawarkan juga lebih presentable.

Baca juga: 9 Tips Membangun Bisnis Rumah Makan yang Sukses dan Menguntungkan

Manfaat Lokasi Usaha yang Instagramable

Mempunyai tempat usaha yang instagramable saat ini mampu memberikan banyak manfaat untuk pebisnis. Nah, manfaat lokasi atau tempat usaha yang instagramable adalah sebagai berikut:

1. Marketing gratis dari pengunjung

Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi Instagram mempunyai fitur geotag yang memungkinkan setiap fotonya untuk di cantumkan lokasi pengambilan gambar.

Bila banyak orang yang berfoto dan meng-upload-nya ke Instagram, maka semakin banyak juga orang yang mengetahui bisnis Anda. Sehingga, Anda bisa lebih menghemat biaya pemasaran untuk kegiatan promosi bisnis Anda.

Selain itu, bila mereka merasa senang mengunjungi bisnis Anda, mereka juga akan rela untuk merekomendasikannya ke keluarga maupun ke kerabatnya. Rekomendasi dalam ruang lingkup yang kecil seperti ini akan lebih sering mendorong orang lain untuk datang ke suatu tempat ataupun membeli produk.

2. Mendatangkan Konsumen dan Menciptakan Pendapatan

Promosi gratis yang Anda dapatkan dari para pelanggan yang berfoto nantinya akan terkonversi menjadi konsumen yang datang ke lokasi bisnis Anda.

Sehingga, pendapatan Anda pun akan mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minat konsumen yang memburu berbagai tempat instagramable pun cukup banyak.

Jadi, bila mereka sudah suka dengan apa yang mereka lihat di Instagram, mereka juga pasti akan mau untuk merasakannya secara langsung.

3. Kesempatan Untuk Monetisasi

Saat ini sudah ada beberapa tempat bisnis yang memang menjadikan tempat instagramable sebagai produknya. Itu artinya, mereka memang menyediakan suatu tempat, mengisinya secara sedemikian rupa, serta memberikan kesempatan pada setiap orang untuk mengambil foto dengan membayar uang dalam jumlah tertentu.

Baca juga: Ingin Membuka Warung Kopi yang Sukses? Perhatikan 10 Hal Ini

Cara Menjaga Kebersihan Usaha yang Instagramable

Lokasi bisnis yang instagramable akan sangat mengandalkan kedatangan para konsumen. Kenapa? Karena yang dijual memang adalah pengalaman selama mengunjungi toko. Tapi di masa pandemi seperti saat ini, setiap pengelola bisnis harus menjamin keamanan, kenyamanan, dan juga kebersihan tempat usahanya.

Nah, cara untuk tetap menjaga kebersihan lokasi bisnis yang instagramable adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan Para Staff

Anda bisa memberikan peralatan kebersihan yang steril pada para staf yang mencakup sarung tangan, masker, face shield, dan juga hand sanitizer. Tujuannya adalah agar setiap staf bisa tetap bersih dan juga terlindungi selama menjalankan tugas.

Selain itu, new normal kit ini pun akan mampu memberikan rasa yang aman pada para pelanggan yang mengunjungi bisnis Anda.

2. Menyemprotkan Cairan Desinfektan

Cara selanjutnya untuk menjaga lokasi usaha yang instagramable adalah dengan menyemprotkan cairan desinfektan dengan kandungan sodium hypochlorite minimal 0,1%. Cairan ini cukup ampuh untuk membunuh berbagai bakteri dan virus yang menempel di permukaan benda.

Agar lebih aman, Anda bisa meminta para staff membersihkan tempat bila para pengunjung sudah selesai menggunakannya.

3. Melarang Membawa Makanan dan Minuman Dari Luar Lokasi

Kita tentu tahu bahwa mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Ingatlah selalu bahwa makanan dan minuman yang dibawa oleh pengunjung dari luar menjadi salah satu yang harus Anda pertimbangkan.

Makanan ataupun minuman yang dibawa dari luar ini bisa jadi tumpah dan mengotori tempat Anda.

Baca juga: Ingin Usaha Cafe? Berikut 8 Tips Membangun Bisnis Cafe Menguntungkan

Tips Mendesain Tempat yang Instagramable

Agar bisa semakin melengkapi pengetahuan Anda terkait tempat usaha yang instagramable, ada baiknya bila Anda mengetahui desain suatu tempat yang memang layak dikatakan sebagai tempat yang instagramable.

Nah, tips mendesain tempat yang instagramable adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Konsep Terlebih Dahulu

Niatan untuk membuka lokasi bisnis yang instagramable harus bisa diturunkan menjadi suatu konsep terlebih dulu. Bila Anda ingin membangunnya dari awal, cobalah untuk mencari referensi konsep terlebih dulu. Anda bisa mendatangi berbagai tempat yang instagramable dan ramai di kunjungi oleh pelanggan, atau mencari referensinya di berbagai situs arsitektur.

Konsep yang Anda pilih nantinya harus selaras dengan model bisnis Anda dan harus Anda rencanakan secara sistematis.

Itu artinya, hal pertama yang harus Anda pikirkan dalam membangun tempat usaha instagramable adalah produk yang Anda ingin jual, lalu mendesain tempat yang cocok untuk tempat usaha Anda. Sehingga, konsumen pun nantinya akan merasa nyaman dengan tempat Anda.

2. Persiapkanlah Modal yang Dibutuhkan

Bila Anda sudah menyiapkan konsep, maka ini saatnya untuk menghitung seluruh modal yang Anda perlukan. Cobalah untuk mempertimbangkan menggunakan jasa arsitek ataupun desain interior agar bisa menyajikan pengalaman yang baik untuk para pengunjung.

Karena, visi yang ada di bayangan Anda tidak selamanya bisa diterapkan atau meman bisa sebaik dengan apa yang Anda harapkan.

Dalam menghitung modal, Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda memang mempunyai produk yang baik. Pasalnya, produk yang baik adalah alat marketing paling baik. Bila Anda ingin membuka bisnis kedai kopi, jangan sampai Anda mendapatkan feedback yang biasa-biasa saja atau bahkan buruk dari pengunjung.

3. Pastikan Pencahayaan Cukup Untuk Foto yang Baik

Untuk memastikan bahwa tempat usaha Anda adalah tempat yang memang Instagramable, maka Anda harus memastikan para pengunjung bisa berswafoto di sudut apapun. Oleh karenanya, Anda juga harus menghadirkan pencahayaan yang optimal.

Bila pencahayaan di tempat usaha Anda kurang baik, maka hasil jepretan foto pelanggan pun tidak bagus dan tidak layak untuk di-upload ke Instagram. Bila sudah demikian, tujuan Anda untuk membuat tempat usaha yang Instagramable pun tidak akan bisa tercapai.

Anda bisa secara langsung menggunakan pencahayaan yang alami dari matahari atau memanfaatkan berbagai lampu unik yang bisa memberikan daya tarik tersendiri. Hal tersebut ada baiknya sudah Anda rencanakan dari awal agar lokasi usaha Instagramable Anda terasa lebih terkonsep.

Baca juga: Yuk, Maksimalkan Bio Instagram Untuk Akun Bisnis yang Lebih Menarik!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang tempat usaha yang Instagramable, lengkap dengan pengertian dan berbagai tipsnya.

Bila Anda bisa mengikut tips di atas dengan baik, maka penghasilan Anda pun nantinya akan meningkat seiring berjalannya waktu. Namun untuk memastikannya Anda harus mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda dan membuat laporan keuangannya.

Nah, saat ini Anda sudah bisa lebih mudah untuk membuat laporan keuangan dan mencatat kegiatan transaksi dengan memanfaatkan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang sudah dipercaya oleh lebih dari 483 ribu pebisnis di Indonesia. Aplikasi ini akan mencatat kegiatan transaksi dan menyajikan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, serta lebih dari 200 jenis laporan keuangannya lainnya secara otomatis.

Di dalamnya pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda secara lebih signifikan.

Rasakan sendiri kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online dengan mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui banner di bawah ini.

.fusion-body .fusion-builder-column-0{width:100% !important;margin-top : 0px;margin-bottom : 0px;}.fusion-builder-column-0 > .fusion-column-wrapper {padding-top : 0px !important;padding-right : 0px !important;margin-right : 1.92%;padding-bottom : 0px !important;padding-left : 0px !important;margin-left : 1.92%;}@media only screen and (max-width:1024px) {.fusion-body .fusion-builder-column-0{width:100% !important;}.fusion-builder-column-0 > .fusion-column-wrapper {margin-right : 1.92%;margin-left : 1.92%;}}@media only screen and (max-width:640px) {.fusion-body .fusion-builder-column-0{width:100% !important;}.fusion-builder-column-0 > .fusion-column-wrapper {margin-right : 1.92%;margin-left : 1.92%;}}

.fusion-body .fusion-flex-container.fusion-builder-row-1{ padding-top : 0px;margin-top : 0px;padding-right : 0px;padding-bottom : 0px;margin-bottom : 0px;padding-left : 0px;}

Tempat Usaha Instagramable Adalah Tempat Menguntungkan 3

.fusion-body .fusion-builder-column-1{width:100% !important;margin-top : 0px;margin-bottom : 20px;}.fusion-builder-column-1 > .fusion-column-wrapper {padding-top : 0px !important;padding-right : 0px !important;margin-right : 1.92%;padding-bottom : 0px !important;padding-left : 0px !important;margin-left : 1.92%;}@media only screen and (max-width:1024px) {.fusion-body .fusion-builder-column-1{width:100% !important;order : 0;}.fusion-builder-column-1 > .fusion-column-wrapper {margin-right : 1.92%;margin-left : 1.92%;}}@media only screen and (max-width:640px) {.fusion-body .fusion-builder-column-1{width:100% !important;order : 0;}.fusion-builder-column-1 > .fusion-column-wrapper {margin-right : 1.92%;margin-left : 1.92%;}}

.fusion-body .fusion-flex-container.fusion-builder-row-2{ padding-top : 0px;margin-top : 0px;padding-right : 0px;padding-bottom : 0px;margin-bottom : 0px;padding-left : 0px;}

The post Tempat Usaha Instagramable Adalah Tempat Menguntungkan appeared first on Accurate Online.

Avatar photo

Bisnis Seni Lukis Mural dan Cuan Besar di Dalamnya

Dewasa ini, seni melukis dinding atau yang banyak dikenal dengan lukis mural semakin terkenal di berbagai kota besar di Indonesia. Jika sebelumnya seni melukis...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery untuk Anda Para…

Cake and bakery menjadi salah satu bisnis kuliner yang banyak peminatnya, terutama di Indonesia. Bisnis ini juga menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati...
Avatar photo bagisaham
3 min read

Aplikasi Toko: Jalankan Bisnis dengan Lebih Mudah

Saat Anda ingin membuka bisnis baru, terutama bisnis retail atau pertokoan, maka Anda akan sangat memerlukan aplikasi yang mampu membantu Anda untuk mencatat transaksi...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.