Delegasi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya

3 min read

Delegasi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya 2

Delegasi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya 3©unsplash

Delegasi wewenang adalah bentuk kepercayaan atasan kepada karyawan di bawahnya. Oleh karena itu, wajar saja apabila terjadi delegasi wewenang atau tugas selama bekerja di perusahaan. Anak muda yang baru memasuki dunia karier pun perlu mengenal tentang delegasi wewenang sebelum mulai bekerja di perusahaan.

Pengertian Delegasi

Delegasi adalah pemberian tanggung jawab, wewenang, atau tugas kepada orang lain agar diselesaikan. Penerima wewenang harus menyelesaikan pekerjaan yang diberikan sebagai bentuk tanggung jawabnya kepada pihak pemberi wewenang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mencatat pengertian delegasi sebagai penyerahan pelimpahan wewenang. Dalam lingkup perusahaan, delegasi merupakan pemberian tugas dari manajer kepada karyawannya untuk dikerjakan. Karyawan harus mempertanggungjawabkan delegasi tersebut kepada atasan dengan cara menyelesaikannya.

Baca Juga: Mengenal Pemahaman Tentang Risk Event

Unsur-Unsur Delegasi

Banyak orang menganggap bahwa delegasi sama halnya seperti perintah atau komando, padahal bukan. Delegasi memiliki beberapa unsur yang wajib ada di dalamnya, yaitu:

1.   Tugas

Tugas merupakan segala pekerjaan yang akan diberikan kepada seseorang yang menjadi delegasi. Sebelum melakukan tugas, atasan biasanya memberikan arahan supaya hasil pekerjaan tersebut tidak melenceng dari tujuan awalnya. Tugas pun menjadi standar kerja bagi atasan dalam menilai karyawan sehingga mereka berhak mendapatkan apresiasi atau evaluasi.

2.   Kekuasaan

Kekuasaan, dalam konteks delegasi, berarti hak atau wewenang seseorang untuk membuat keputusan mengenai fungsinya. Atasan pasti memiliki kekuasaan dalam mendelegasi pekerjaan, tetapi mereka harus menjelaskan tentang tugas tersebut terlebih dahulu sebelum dikerjakan. Kekuasaan yang baik dan tidak semena-mena pasti membutuhkan tanggung jawab dari dua belah pihak.

3.   Tanggung Jawab

Tanggung jawab berarti kewajiban seseorang untuk menuntaskan pekerjaan atau tugas yang diberikan. Unsur ini hadir dari kesadaran diri karyawan ketika mendapatkan delegasi. Karyawan yang bertanggung jawab dengan pekerjaannya akan memperoleh apresiasi. Sebaliknya, karyawan yang tidak mampu menuntaskan kewajibannya akan menanggung konsekuensi dari perbuatannya.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Perencanaan dalam Manajemen

4.   Akuntabilitas

Akuntabilitas merupakan kewajiban karyawan dalam mempertanggungjawabkan setiap tugas yang didelegasikan. Tidak hanya karyawan sebagai penerima delegasi, atasan sebagai pemberi tugas pun harus memiliki akuntabilitas dengan cara menjelaskan tujuan atau alasan pemberian delegasi tersebut.

Tujuan dan Manfaat dari Delegasi dalam Perusahaan

Seorang atasan memberikan delegasi karena ada tujuan dan manfaatnya. Manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh pemberi delegasi, tetapi juga penerima delegasi. Seperti apa manfaatnya?

1.   Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Organisasi

Manfaat pertama dari delegasi wewenang adalah alur organisasi berjalan lebih efektif dan efisien. Seluruh pekerjaan bisa dituntaskan dengan baik tanpa ada satu tugas pun yang terbengkalai.

2.   Memberikan Peran pada Individu

Karyawan akan merasa dirinya lebih berarti apabila diberikan tugas atau tanggung jawab dari manajer. Ketika atasan mendelegasikan tugas, mereka secara tidak langsung mengajak karyawan untuk berperan dalam mengembangkan perusahaan.

3.   Membantu Atasan atau Manajer

Karyawan bisa membantu atasan ketika mereka menerima delegasi. Atasan bisa lebih fokus pada pekerjaan yang lebih mendesak dan berkaitan dengan kepentingan perusahaan. Atasan pun lebih terbantu ketika hendak mengambil keputusan karena karyawan turun tangan dengan cara memperhitungkan risiko dari keputusan yang hendak diambil.

4.   Memotivasi Karyawan

Delegasi bisa menjadi sarana motivasi bagi karyawan agar mereka bisa mencapai target pribadi selama bekerja di perusahaan. Tidak bisa dimungkiri bahwa motivasi selalu menjadi elemen penting dalam keberhasilan sebuah pekerjaan. Karyawan lebih fokus dalam pekerjaan karena memiliki motivasi dalam dirinya.

5.   Menjadi Media Pembelajaran

Delegasi sebenarnya cukup berisiko karena karyawan bisa saja membuat kesalahan selama mengerjakan tugasnya. Namun, kesalahan tersebut justru harus dijadikan sarana pembelajaran bagi karyawan. Mereka bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari kesalahan tersebut, bahkan selangkah lebih dekat menuju keberhasilan.

6.   Memberi Kesempatan kepada Bawahan

Ketika manajer memberikan delegasi, mereka sebenarnya memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk belajar. Karyawan mendapatkan pengalaman baru dalam bekerja sehingga kehidupan karier mereka pun meningkat.

Jenis-jenis Delegasi di Perusahaan

Delegasi dalam perusahaan terdiri dari berbagai bentuk. Berikut ini adalah bentuk-bentuk delegasi serta contohnya.

1.   Delegasi Umum

Jenis delegasi ini merupakan pemberian tugas berupa fungsi umum manajemen, yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Contohnya seperti manajer memberikan tugas kepada karyawannya dalam bidang manajemen keuangan perusahaan.

2.   Delegasi Khusus

Berbeda dari delegasi umum, delegasi khusus berisi tugas spesifik yang harus dikerjakan. Contohnya, manajer tim desainer memberikan tugas khusus kepada bawahannya untuk mendesain poster kegiatan family gathering perusahaan.

3.   Delegasi Formal

Sesuai namanya, delegasi ini dilakukan berdasarkan struktur organisasi secara vertikal. Singkatnya, karyawan akan mengerjakan tugas dari atasannya. Contohnya, peningkatan jumlah target penjualan agar bawahan bisa menjual lebih banyak produk.

Baca Juga: 6 Macam Tunjangan Karyawan yang Harus Dipenuhi

4.   Delegasi Informal

Tipe delegasi ini dilakukan secara langsung oleh bawahan meski tidak ada komando dari atasan. Bisa dikatakan delegasi informal merupakan langkah inisiatif. Contohnya, karyawan langsung memperbaiki kerusakan alat di pabrik tanpa langsung disuruh karena dia memiliki kemampuan di bidang tersebut.

5.   Delegasi Lateral

Terakhir ada delegasi lateral yang merupakan pemberian wewenang kepada satu orang dan dikerjakan oleh sejumlah pihak yang membantunya. Contohnya, seorang manajer keuangan meminta laporan hasil penjualan dari manajer penjualan. Tugas tersebut tidak bisa dikerjakan sendirian oleh manajer penjualan sehingga karyawan bidang penjualan turun tangan mengerjakannya.

 

Singkatnya, delegasi wewenang adalah pemberian tugas dari atasan kepada bawahan untuk diselesaikan. Sebagai atasan, Anda pasti senang apabila melihat bawahan yang bertanggung jawab dalam pekerjaannya.

Ekspresikan rasa senang Anda dengan memberikan Sodexo Gift Pass kepada mereka. Anda tidak perlu pusing membelikan mereka barang yang dibutuhkan karena voucher ini bisa dibelanjakan di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets. Hubungi Sodexo segera untuk melakukan pembelian bundle voucher belanja ini.

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.