Hati-Hati! Ini 8 Dampak Nilai Tukar Rupiah Melemah

Hati-Hati! Ini 8 Dampak Nilai Tukar Rupiah Melemah

Banyak pihak yang merasa khawatir ketika nilai tukar rupiah melemah, terutama mereka yang memiliki bisnis di bidang tertentu. Ketika nilai tukar rupiah melemah maka akan berdampak pada banyak sektor dan bisa mendatangkan banyak masalah terutama ekonomi. Apa saja dampak dari rupiah yang melemah?

Sebelumnya kami membahas tentang 8 Strategi Efektif Untuk Menguatkan Nilai Tukar Rupiah

Dampak Nilai Tukar Rupiah Melemah

1. Ancaman PHK yang Merajalela

Dampak Nilai Tukar Rupiah Melemah pertama yang akan terjadi adalah banyaknya perusahaan yang di PHK massal oleh perusahaan. Sulitnya perkembangan ekonomi memaksa para pengusaha mengecilkan biaya produksi mereka, terutama untuk biaya belanja pegawai. Maka dari itu, salah satu solusi terbaik yang harus dilakukan adalah dengan memberhentikan beberapa pekerja atau istilahnya PHK.

2. Pertumbuhan Ekonomi yang Buruk

Nilai tukar rupiah juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang berkurang. Dimana daya beli masyarakat akan melemah. Banyak orang yang lebih menghemat uang mereka agar bisa bertahan hidup dalam keadaan krisis. Karena semua harga-harga bahan pokok dan barang-barang yang juga akan pada naik.

3. Meningkatnya Harga Bahan Pokok

Apabila nilai tukar rupiah melemah, maka harga bahan pokok akan melambung tinggi bahkan jauh daripada biasanya. Hal ini karena banyak bahan pokok yang di ekspor ke luar  negeri. Saat Nikolai tukar rupiah melemah maka menjadi kesempatan para eksportir untuk melakukan ekspor ke luar negeri. Hal ini menyebabkan ketersediaan bahan pokok menjadi berkurang.

4. Berbagai Perusahaan Bangkrut

Orang yang paling akan merasakan dampak melemahnya nilai tukar rupiah adalah beberapa perusahaan, terutama mereka yang bergerak di bidang Manufacturer. Perusahaan ini adalah perusahaan paling utama dan pertama yang akan kena dampaknya. Karena semua harga bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi akan naik dan melambung tinggi. Hal ini akan memberikan kerugian yang sangat besar sekali. Sehingga memaksa mereka untuk berhenti produksi.

5. BBM Akan Naik

Nah hal yang paling sering dikeluhkan masyarakat saat nilai tukar rupiah melemah adalah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang juga melambung tinggi sekali. Hal ini tentu akan berdampak pula pada sektor ekonomi lainnya yang menggunakan sistem distribusi. Dimana mereka juga akan menaikkan harganya karena biaya distribusi yang juga ikut naik karena bahan bakar yang mahal.

6. Suku Bunga Kredit Akan Naik

Lebih perahnya lagi, pada saat kondisi ekonomi melemah, harga suku bunga kredit justru akan meningkat. Ini memperburuk keadaan rakyat, dimana mereka yang sedang memiliki penghasilan kecil justru harus dipaksa membayar cicilan yang justru malah meningkat. Ini tentu sangat tidak bagus sekali untuk perkembangan ekonomi negara.

7. Kejahatan Akan Meningkat

Karena kesulitan mendapatkan bahan makanan dan hal lainnya, akhirnya banyak orang yang mencari solusi dengan menggunakan jalan pintas menggunakan kejahatan. Hal ini juga terjadi pada krisis moneter tahun 98. Dimana saat ekonomi melemah tindak kriminal dan kejahatan seolah tidak ada batasannya. Di hampir banyak tempat terjadi berbagai penjarahan, pemerkosaan, pencurian dan lain sebagainya. Sebagai konsekuensi logis dari Dampak Nilai Tukar Rupiah Melemah

8. Rakyat Kecil Kelaparan

Ketika nilai tukar rupiah melemah, orang pertama yang akan merasakan dampaknya adalah rakyat-rakyat kecil akan kelaparan. Sulitnya mencari pekerjaan dan mendapatkan bahan makanan membuat mereka tidak bisa berbuat banyak hal. Hal ini akan menimbulkan banyak kasus kelaparan di banyak tempat.

Nah itulah 8 dampak yang akan terjadi apabila rupiah melemah terhadap nilai tukar mata uang asing. Beberapa dampak diatas masih bersifat kecil, masih banyak dampak lain yang akan terjadi bahkan lebih mengerikan apabila rupiah melemah dengan nilai tukar yang lebih tinggi.

Leave a Reply