Bagaimana Cara Mengatasi Stress ketika Sedang Bekerja?

3 min read

Bagaimana Cara Mengatasi Stress ketika Sedang Bekerja? 2

Bagaimana Cara Mengatasi Stress ketika Sedang Bekerja? 3©pexels

Stres karena bekerja bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mengatasi stress akibat terlalu lama bekerja. Stres akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental apabila Anda tidak tahu cara menghilangkannya. Simak artikel ini untuk mengetahui cara efektif menghilangkan stres ketika bekerja!

Apa Saja Penyebab Stres ketika Sedang Bekerja?

Ada baiknya Anda memahami dahulu apa itu stres akibat bekerja serta penyebabnya. Stres merupakan respons tubuh manusia terhadap tingginya tekanan dan permintaan kerja yang melampaui kemampuan atau kapasitas mereka. Stres akibat bekerja biasanya tidak bisa dicegah atau dihindari.

Stres pun bisa berkembang tanpa disadari. Kondisi ini dimulai dari gejala ringan dan masih bisa ditoleransi. Anda masih bisa mengendalikan stres tersebut dan tetap lanjut bekerja seperti biasa.

Namun, tekanan pekerjaan yang makin bertambah dapat meningkatkan stres sehingga tidak bisa dikendalikan lagi. Secara perlahan, stres berkembang menjadi burnout yang bisa membahayakan performa kerja Anda. Tidak hanya itu, burnout juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan fisik badan Anda.

Lantas, apa yang menjadi penyebab stres ketika sedang bekerja?

1.   Beban Kerja Berlebihan

Penyebab yang paling umum adalah beban kerja yang terlalu banyak. Peningkatan beban kerja bisa ditandai dengan deadline yang ketat maupun jumlah tugas atau tanggung jawab yang harus diselesaikan. Beban tersebut berada di luar kapasitas Anda sehingga dapat menjadi sumber stres.

2.   Tekanan dari Lingkungan Kerja

Stres makin bertambah buruk apabila Anda tidak mendapatkan dukungan berupa motivasi atau penyemangat dari rekan kerja atau manajer. Tingkah manajer yang selalu menuntut lebih juga bisa menyebabkan stres karena perilakunya berdampak langsung terhadap kondisi emosional Anda dan rekan kerja lainnya.

Absennya dukungan dari rekan kerja juga bisa menjadi stresor terbesar ketika bekerja. Pasalnya, Anda membutuhkan dukungan dari kolega supaya tidak merasa tersisihkan ketika menyelesaikan sebuah pekerjaan.

3.   Bekerja di Rumah (WFH)

Work From Home (WFH) memang lebih fleksibel, tetapi bisa menimbulkan stres pula. Ketika bekerja di rumah, Anda mungkin harus berurusan dengan pekerjaan lainnya, seperti membersihkan rumah, memasak, atau mengasuh anak. Alhasil, keputusan untuk WFH menjadi bumerang karena Anda malah terkena stres.

4.   Kurang Mendapatkan Pelatihan

Kurangnya pelatihan (training) atau pengembangan skill selama bekerja bisa berakibat pada penurunan performa kerja. Akibatnya, kadar stres meningkat karena Anda merasa tidak memiliki kapasitas dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: Mengenal Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Apa Saja Dampak Kesehatan Stres ketika Sedang Bekerja?

Stres bisa membawa dampak buruk pada kesehatan apabila dibiarkan. Dampaknya dimulai dari perubahan penampilan hingga masalah kesehatan yang lebih serius. Simak penjelasan rincinya di bawah ini.

1.   Wajah Terlihat Lebih Tua

Pertumbuhan sel-sel baru di wajah mulai melambat ketika Anda merasa stres. Akibatnya, tanda-tanda penuaan mulai muncul lebih dini, contohnya kerutan, penglihatan berkurang, dan otot wajah yang kendur.

2.   Kenaikan Berat Badan

Bagi sebagian orang, stres dapat menimbulkan rasa lapar terus-menerus sehingga mereka harus mengonsumsi lebih banyak makanan. Alhasil, berat badan pun meningkat bermula dari perasaan tertekan selama bekerja.

3.   Sistem Imunitas Tubuh

Ketika tubuh merasa tertekan akibat pekerjaan, sistem kekebalan atau imunitasnya berkurang. Tubuh Anda lebih mudah terserang virus sehingga rentan terhadap penyakit berupa flu, batuk atau demam.

4.   Penyakit Jantung

Hormon stres membuat jantung bekerja lebih keras sehingga detak jantung pun meningkat. Secara perlahan, otot jantung melemah dan Anda pun rentan mengalami penyakit atau serangan jantung.

5.   Gangguan Kejiwaan

Stres ringan saja sudah bisa mengganggu kemampuan pengendalian emosi Anda. Rasa takut dan cemas tidak bisa dikontrol sehingga Anda berpotensi mengalami gangguan jiwa apabila bekerja sampai burnout.

Baca Juga: Dampak Seseorang Tidak Memiliki Semangat Kerja

Bagaimana Cara Mengatasi Stres ketika Sedang Bekerja?

Stres merupakan kondisi yang tidak terelakkan dan bisa terjadi sewaktu-waktu. Karena itu, Anda perlu mengetahui cara ampuh dalam mengatasi stres selama bekerja. Tidak hanya itu, Anda harus menjadikan solusinya sebagai kebiasaan baru supaya stres bisa diatasi lebih cepat.

Terapkan cara mengatasi stres secara efektif di bawah ini.

1.   Awali Hari dengan Positif

Situasi seperti bangun terlambat, tidak sempat sarapan, anak rewel, atau jalanan macet dapat memicu stres sebelum bekerja. Solusinya, tetaplah berpikir positif dan selalu tersenyum ketika menyambut pagi hari. Anda harus fokus memikirkan hal-hal baik dan menyelesaikan pekerjaan di hari tersebut.

2.   Atur Waktu secara Efisien

Stres juga terjadi apabila Anda memiliki manajemen waktu yang buruk. Anda harus mengatur waktu dan membuat skala prioritas pekerjaan supaya tidak tertekan karena deadline. Lagi pula, manajemen waktu yang baik justru membuat Anda lebih tenang selama bekerja.

3.   Hindari Multitasking

Multitasking belum tentu membuat pekerjaan Anda menjadi cepat selesai. Anda justru merasa stres karena harus menyelesaikan banyak tugas dalam waktu bersamaan. Anda cukup fokus di satu pekerjaan sampai selesai, kemudian lanjut ke pekerjaan berikutnya.

4.   Curhat dengan Orang Terdekat

Terlalu lama memendam perasaan tertekan malah bisa meningkatkan kadar stres dalam tubuh. Anda harus bercerita mengenai beban pekerjaan kepada orang terdekat di kantor, baik atasan maupun rekan kerja. Siapa tahu mereka bisa memberi masukan atau saran yang membantu Anda.

5.   Hindari Duduk Terlalu Lama

Tingkat stres makin bertambah lantaran tubuh tidak nyaman akibat duduk terlalu lama. Cobalah untuk berdiri dari tempat duduk dan mulailah berjalan di sekitar workstation Anda. Jalan atau joging singkat ternyata bisa membuat pikiran rileks sehingga Anda tidak merasa tertekan lagi.

6.   Berikan Apresiasi Diri Sendiri

Rata-rata orang masih mengabaikan pentingnya apresiasi terhadap diri sendiri sehingga mereka makin stres. Apresiasi diri sendiri seperti cuti nyatanya bisa mengurangi stres karena tubuh dan pikiran Anda bisa beristirahat sejenak.

Baca Juga: Pentingnya Memberikan Self-Reward Terhadap Diri Sendiri

Selain cuti, Anda bisa mengapresiasi diri sendiri dengan voucher belanja Sodexo Gift Pass. Gunakan voucher  belanja ini untuk membeli barang favorit, makan di restoran kesukaan, atau relaksasi di salon langganan Anda. Sodexo Gift Pass bisa digunakan di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets di Indonesia.

Hubungi Sodexo segera untuk mendapatkan memiliki voucher belanja ini. Ajukan juga voucher belanja ini di perusahaan Anda supaya bisa mendapatkan harga khusus dengan pembelian bundle voucher. Sodexo Gift Pass dapat menjadi cara mengatasi stres paling ampuh bagi Anda dan kolega.

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.