7 Tahapan Cara Memasuki Pasar Global yang Jangan Dilewatkan

7 Tahapan Cara Memasuki Pasar Global yang Jangan Dilewatkan

pasar global

Pebisnis handal bukan hanya harus memikirkan Market lokal saja, melainkan juga Market global. Market global memiliki tingkat persiangan yang lebih berat, namun dengan keuntungan yang tentu lebih tinggi dari Market lokal. Namun untuk bisa masuk kesana, ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan. Apa saja tahapan cara memasuki pasar global?

  • Melakukan Analisa Market Global

Layaknya pasar lokal, ketika ada terjun berbisnis di pasar global juga harus melakukan analisa Market terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita paham tingkat persaingan yang ada dan juga supaya lebih mudah menentukan strategi yang akan diambil nantinya.

Disamping itu, analisa Market juga  bertujuan agar kita paham dengan baik langkah-langkah yang akan kita ambil nantinya tepat sasaran.

  • Memahami Semua Risiko

Setiap jenis Market pasti memiliki risiko yang berbeda-beda, begitu juga jika anda memasuki Market global. Maka akan ada banyak sekai risiko yang harus siap anda hadapi kapanpun. Mulai dari risiko persaingan, hingga berbagai aturan ketat perundang-undangan yang harus ditaati oleh setiap pebisnis pasar global. Maka dari itu pelajari dan pahami dengan baik semua risiko yang mungkin akan anda hadapi.

  • Mempersiapkan Produk Terbaik dan Legalitas Usaha

Selanjutnya yang harus dipersiapkan dengan baik adalah produk yang akan dibawa ke pasar global. Produk ini harus memiliki standar kualitas yang bagus. Jangan asal, produk yang dijual di pasar global harus memiliki standar mutu dan kualitas yang sangat bagus.

Bukan tanpa alasan, produk luar negeri memang memiliki sandar bahan dan quality control yang jauh lebih bagus. Maka dari itu, pastikan standar mutu produk anda juga harus bagus. Selain itu, legalitas usaha dan produk anda juga harus legal.

  • Analisa Persaingan

Untuk bisa mengetahui langkah tepat yang harus anda ambil Kartika masuk ke pasar global, maka analisa persaingan penting sekali anda lakukan. Dengan melakukan analisa persaingan ini anda bisa tahu apa saja kelebihan produk pesaing anda, seperti apa mereka mengemas produknya hingga laku di pasaran. Maka anda juga bisa tahu sikap seperti apa yang harus anda ambil agar bisa menang di pasar global dari para pesaing yang ada.

  • Bentuk Tim yang Bagus dan Berpengalaman

Tim akan membantu bisnis anda sukses di pasar global. Namun tim yang anda bentuk ini bukan tim yang sembarangan. Harusnya anda bentuk tim yang memang kompeten dan berpengalaman di setiap bidangnya. Agar bisnis anda lancar di pasar global, karena beda lho teknik da strategi pasar lokal dan pasar global cara menyikapinya. Maka dari itu, gunakan tim yang memang berkompeten.

  • Tentukan Strategi Marketing yang Mumpuni

Bekerjasamalah dengan tim yang yang sudah anda bentuk tadi. Pilih dan tentukan jenis strategi maeketing yang bagus untuk menghadapi para pesaing di pasar global. Tentukan strategi ini sesuai dengan hasil riset Market di awal-awal tadi. Dari riset tadi anda akan tahu pesaing anda dan cara mereka mengemas produknya. Nah anda tentukan juga strategi baru sebagai bandingan dari strategi pesaing bisnis anda.

  • Siapkan Pemasaran dan Berikan Layanan Terbaik

Jika tahapan 1-6 sudah selesai maka langkah cara memasuki pasar global selanjutnya adalah tinggal mempersiapkan pemasaran dan memberikan layanan terbaik. Pastikan semua layanan yang akan diberikan memang bagus dan memenuhi standar kelayakan. Untuk menghadapi pemasaran yang berlangsung, berikan services terbaik yang selalu ontime dan ramah.

Simak artikel menarik lainnya di bagisaham.

Leave a Reply