Anti Rugi! Ini Lho Cara Efektif Menghadapi Resiko Bisnis yang Tepat

Anti Rugi! Ini Lho Cara Efektif Menghadapi Resiko Bisnis yang Tepat

Namanya bisnis pasti akan selalu berhadapan dengan beragam jenis resiko mulai dari masalah pendanaan hingga beragam jenis risiko lainnya. Jika kita tidak siap menghadapi semuanya dengan baik, maka siap-siap kita akan kalah saing dan jatuh bangkrut. Sebelum itu terjadi, anda harus tahu dulu Cara Efektif Menghadapi Resiko Bisnis yang Tepat tersebut.

Cara Efektif Menghadapi Resiko Bisnis

Dalam hal ini ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi semua risiko bisnis yang akan muncul. Adapun beberapa cara yang saya yang dapat anda gunakan untuk menghadapi beragam jenis resiko bisnis tersebut diantaranya adalah:

  • Selalu Teliti Dalam Setiap Transaksi

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk antisipasi resiko bisnis adalah dengan selalu berhati-hati dalam setiap transaksi. Hal ini bersifat fatal dan sangat berbahaya sekali. Jika sampai salah satu kali saja, maka bisa berisiko sangat tinggi. Selalu gunakan double cek setiap transaksi yang akan dilakukan.

  • Ciptakan Tim Solid

Solidaritas tim dalam berbisnis sangat dibutuhkan. Risiko sebesar apapun  dapat diatasi dengan baik jika kita memiliki tim yang solid dan berpengalaman. Bentuklah tim yang bisa membawa perusahaan anda berkembang dengan baik dan siap dengan semua risiko yang ada.

  • Melakukan Audit Berkala

Dalam bisnis, audit ini sangat penting. Bukan hanya dari luar, kita sebagai pemilik bisnis juga harus memiliki tim audit khusus. Tujuannya tentu untuk mengantisipasi semua risiko. Audit di sini terbagi menjadi beragam  pos, mulai dari audit keuangan hingga berbasis kinerja, proses dan hasil produksi.

Anda tidak akan tahu apa saja resiko yang akan anda hadapi ketika menjalankan bisnis. Maka salah satu cara menghadapi resiko bisnis yang penting untuk dilakukan adalah menganalisa resiko bisnis itu sendiri sejak dini. Hal ini akan meminimalisir resiko yang akan terjadi.

  • Menyediakan Dana Cadangan

Kita tidak tahu kita bisa atau tidak menghadapi risiko yang akan terjadi. Namun persiapan harus dilakukan sejak dini. Masalah keuangan adalah hal penting yang harus anda antisipasi. Selalu siapkan dana cadangan agar anda bisa hadapi risiko dengan baik.

  • Jujur dan Terbuka

Salah satu hal paling kuat dan bagus menghadapi risiko bisnis adalah dengan menanamkan kepercayaan. Nah cara paling ampuh untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan selalu bersikap jujur dan terbuka kepada setiap klien atau mitra bisnis kita. Dengan demikian maka kita dapat atasi risiko bisnis dengan mudah.

  • Lakukan Inovasi dan Pengembangan Secara Berkala

Bisnis yang bagus dan kuat dalam menghadapi risiko adalah bisnis yang inovatif dan selalu mengikuti arus dan perkembangan jaman. Maka dari itu, lakukanlah inovasi dan pengembangan secara berkala sesuai dengan trends Market.

  • Sesuaikan Modal

Saat akan menjalankan bisnis tertentu, atau mendapatkan tawaran sesuatu pastikan anda sudah menyesuaikan dengan modal yang anda miliki. Jangan langsung tergiur dengan tawaran tertentu tanpa mempertimbangkan dengan baik modal yang dimiliki.

  • Keputusan Harus Berdasarkan Mufakat

Salah satu cara terbaik yang penting dan harus dilakukan untuk antisipasi semua risiko bisnis adalah dengan mengambil Keputusan berdasarkan mufakat bersama. Walau anda memiliki posisi sebagai pemimpin, namun Keputusan harus didasarkan pada mufakat bersama.

  • Bangun Sistem yang Bagus

Cara terbaik menghadapi resiko bisnis yang paling bagus adalah dengan menciptakan sebuah sistem yang bagus. Sistem bisnis yang bagus tentu akan siap dengan semua resiko yang mungkin bisa terjadi kapanpun. 

Sekian adalah Cara Efektif Menghadapi Resiko Bisnis yang Tepat yang hingga kini saya gunakan pada usaha-usaha dan bisnis yang telah berjalan.

Baca Juga 8 Cara Menghasilkan Uang Dari youtube

Leave a Reply