Brand Value adalah: Pengertian dan Tipsnya

2 min read

Tanpa kehadiran brand value, maka brand Anda hanyalah sebuah nama saja, brand Anda tidak mempunyai nilai jual yang lebih. Akhirnya, brand Anda akan disamakan oleh pelanggan dengan bisnis lainnya yang serupa. Jadi, brand value adalah suatu hal yang bisa menjadi nilai jual dan mampu meningkatkan perkembangan bisnis, bahkan bisa meningkatkan penjualan yang lebih banyak.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan pengertian mendalam tentang brand value dan tips untuk meningkatkan dari brand value itu sendiri. Penasaran? Baca terus artikel tentang brand value di bawah ini hingga selesai.

Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Meningkatkan Brand Value

1. Menggabungkan Advertising dan Personal selling

Jika Anda memang ingin meningkatkan brand value, maka sebagai pebisnis ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu memanfaatkan advertising dan menggunakan personal selling.

Personal selling bisa Anda gunakan untuk produk dengan harga yang mahal dan pasarnya masih relatif kecil. Sedangkan advertising, bisa Anda gunakan untuk produk yang dijual dengan harga murah, namun memiliki pasar yang besar.

Tapi, Anda juga bisa menggabungkan kedua cara tersebut. Bagaimana cara dalam menggabungkannya? Anda bisa membaca tips di bawah ini:

  • Use and love your selling

Perlu Anda ketahui bahwa setiap pelanggan akan merasakan hal yang berbeda saat mendapatkan penawaran dari sales yang hanya sekedar menjual produk dengan sales yang benar-benar memberikan transfer of love pada produk yang saat ini sedang dijualnya.

  • Use Features Advantage and Benefit (FAB) technique

Anda harus mampu menjelaskan seakan-akan semua fitur kelebihan dan manfaat produk yang Anda tawarkan sesuai dengan apa yang memang sedang dibutuhkan oleh para pelanggan.

Baca juga: Pengertian Brand Guidelines, Tips Membuatnya, dan Contohnya

  • Gather, Respond, Deliver, Close

Selain harus memberikan penjelasan, kegiatan pemasaran juga berkaitan dengan mendengarkan. Jadi, Anda harus mampu mengumpulkan dan mendapatkan informasi yang banyak dari para pelanggan, menanggapi informasi yang relevan, dan juga menghadirkan solusi yang berkaitan dengan produk yang sedang Anda tawarkan.

  • Handle Uncertainty, Objection, Hesitation

Cobalah untuk melakukan survey dan mencari tahu hal apa saja yang membuat para pelanggan Anda tidak tertarik dengan produk yang saat ini sedang Anda coba tawarkan.

Dalam hal ini, Anda harus memiliki kemampuan untuk merasakan hal apa saja yang dibayangkan ataupun dialami oleh calon pelanggan saat mengetahui ataupun membeli produk yang Anda jual. Sehingga, Anda akan mampu untuk menerka apa yang ingin disampaikan oleh para pelanggan.

Namun disisi lain, Anda juga harus mempelajari berbagai kelebihan dan kekurangan dari para kompetitor. Tapi tentunya, Anda juga harus tetap fokus pada kelebihan produk yang saat ini Anda miliki dan jangan sampai Anda menjatuhkan produk yang dijual oleh orang lain.

Anda bisa menggunakan personal touch untuk menghadapi pelanggan Anda. Jadi, bila misalnya Anda membangun usaha warung kopi, Anda harus bisa mengingat menu apa saja yang sering dipesan atau siapa saja nama pelanggan yang sering berbelanja ke warung Anda.

Baca juga: Brand Essence, Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Awereness Pelanggan

2. Berkolaborasi lah dengan Influencer yang Tepat

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan ini adalah berkaitan dengan rasa kepercayaan. Kegiatan branding sangat sulit untuk diperoleh dan sangat mudah juga untuk kehilangan.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan brand value adalah dengan cara menjalin kolaborasi dengan para influencer. Kolaborasi dalam hal ini bukan hanya sekedar kegiatan endorsement saja, tapi juga mengajak mereka untuk menjadi bagian dari produk Anda.

Salah satu contohnya adalah menu Jiwa Toast yang mana resepnya diciptakan oleh William Gozali, pemenang utama dari Masterchef Seri ke tiga. Saat menjalin kolaborasi tersebut, Anda bisa memanfaatkan jangka waktu yang lama untuk memainkan emosi para pelanggan.

Jadi, seolah-olah produk tersebut adalah produk terbatas atau hanya orang tertentu saja yang bisa menikmati masakan lezat buatan William Gozali.

Baca juga: Bingung Mencari Ide Nama Brand? Coba Ikuti 7 Tips Ini!

Penutup

Demikianlah tips yang bisa kami berikan untuk meningkatkan brand value usaha yang saat ini sedang Anda jalankan. Jadi, dua hal utama yang bisa Anda jalankan untuk meningkatkan brand value adalah menggabungkan kegiatan personal selling dan advertising, lalu menjalin kolaborasi yang tepat dengan influencer.

Bila kedua hal tersebut bisa Anda lakukan secara baik, maka brand value Anda pun akan meningkat seiring berjalannya waktu, dan bersiaplah untuk mendapatkan banyak pesanan.

Tapi, satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah mentransformasikan bisnis Anda ke arah digital. Kenapa? karena di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, Anda akan dituntut untuk lebih cepat, dan solusinya adalah dengan menerapkan digitalisasi di dalam bisnis.

Nah, salah satu alat yang bisa Anda manfaatkan untuk mendigitalisasikan bisnis Anda saat ini adalah Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi bisnis dan akuntansi ini akan membantu Anda dalam mencatat setiap kegiatan transaksi dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis cepat dan akurat.

Accurate online juga dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website yang sudah dibekali dengan sistem keamanan tertinggi. Jadi, Anda bisa mengaksesnya secara mudah di mana saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir memikirkan keamanan data penting perusahaan Anda.

Di dalamnya pun sudah dilengkapi dengan fitur dan modul bisnis luar biasa yang akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

Avatar photo

Customer Segment Apa Saja, Ya? Ini Jawabannya!

Ketika Anda sedang menjalankan suatu bisnis, Anda harus merencanakan strategi pemasaran dengan baik agar bisa memperoleh hasil yang maksimal. Strategi tersebut memiliki peran yang...
Avatar photo bagisaham
3 min read

Divisi Marketing Terdiri dari Apa Saja, ya? Ini Jawabanya!

Saat Anda membaca membaca judul di atas, pasti hal pertama yang Anda pikirkan pasti sales. Padahal, divisi marketing jauh lebih luas daripada hanya menjual...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Apa yang Dimaksud Dengan Peril? Ini Penjelasannya!

Dalam menjalankan suatu bisnis, mengelola dan mengetahui potensi suatu resiko akan sangat dibutuhkan agar Anda bisa menghindari potensi risiko di masa yang akan datang....
Avatar photo bagisaham
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.