Bisnis Makanan Online Untuk Pemula dan Tipsnya

2 min read

Jika kita lihat berdasarkan survei Google Trends Indonesia, di beberapa bulan terakhir ini kata kunci “ide bisnis makanan online tengah mengalami peningkatan sebesar 200%. Survei tersebut tentunya tidak terlalu mengejutkan, karena bisnis makanan menjadi salah satu kategori bisnis yang tidak akan pernah padam. Untuk itu, diperlukan tips menjalankan bisnis makanan online untuk pemula.

Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa memulai bisnis tidak bisa dilakukan secara asal tanpa adanya persiapan. Nah, untuk Anda yang ingin serius menggeluti bisnis makanan, di bawah ini kami sudah menyiapkan 5 tips mudah dalam menjalankan bisnis makanan online untuk pemula.

Tips Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula!

1. Menentukan Jenis Makanan yang Akan Dijual

Saat ini, selera konsumen sudah sangat beragam, sehingga ada banyak sekali ceruk pasar kuliner yang bisa Anda coba masuki.

Nah, cara mudahnya adalah memilih makanan yang paling cocok dengan selera Anda dan Anda pun memang sudah sangat paham tentang makanan tersebut.

Bila Anda sudah mengetahui seluk-beluk di dalamnya, maka Anda bisa secara cepat menghitung total biaya modal yang nantinya harus Anda persiapkan.

2. Tentukan Target Pasar

Salah satu tahapan untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula yang paling sering dilupakan adalah menentukan target pasar. Padahal, hal ini merupakan hal yang sangat penting sebelum memulai bisnis. Tentunya Anda tidak ingin menjual produk yang kurang jelas dan target pembelinya, kan?

Untuk itu, melakukan riset pasar sangat penting sekali untuk dilakukan. Salah satu caranya adalah Anda bisa melakukan analisis tren di media sosial atau mengajukan pertanyaan pada mereka yang sudah terlebih dulu membangun bisnis makanan secara online.

Baca juga: Peluang Bisnis Anak Muda yang Bisa Anda Coba

3. Perhatikan Sumber Bahan Baku

Langkah lainnya yang tidak kalah penting dalam memulai bisnis makanan online untuk pemula adalah menentukan sumber bahan baku.

Tentunya, mengetahui tempat membeli bahan baku saja belumlah cukup. Anda pun harus memastikan tempat tersebut atau calon pemasok Anda mempunyai kapasitas untuk terus-menerus menyediakan bahan baku yang berkualitas untuk para pebisnis makanan online.

Agar lebih aman lagi, carilah dua hingga tiga pemasok pada setiap kategori bahan baku yang Anda perlukan. Sehingga, bila pemasok utama Anda sedang mengalami masalah tertentu, proses produksi tidak akan terganggu karena masih bisa memperoleh bahan pakar dari penyediaan yang lainnya.

4. Memiliki Rancangan Keuangan

Seringkali pebisnis pemula tidak mempunyai rancangan keuangan yang rapi. Mereka hanya mulai menjalankan bisnis tanpa adanya perencanaan yang baik. Hal ini menjadikan contoh yang kurang baik dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, tips memulai bisnis makanan online untuk pemula lainnya adalah mempunyai rancangan keuangannya sendiri.

Dalam membuat rancangan keuangan, Anda bisa lebih dulu memulainya dengan cara menentukan sumber modal bisnis. Lalu, modal tersebut bisa Anda gunakan untuk mencari tahu apa aja dan juga jumlah. Pastikan juga agar perhitungan ini tercatat secara baik, karena akan sangat menentukan harga yang Anda jual.

Bila sudah, Anda bisa lanjut mengatur target penjualan, bisa target per bulan, per kuartal, atau pertahun.

Baca juga: Tempat Usaha Instagramable Adalah Tempat Menguntungkan

5. Buat Konsep Brand, Packaging, dan Strategi Pemasaran yang Matang

Tips untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula yang kelima adalah dengan membuat konsep brand yang lebih autentik. Caranya adalah dengan menyesuaikannya dengan produk yang akan Anda pasarkan atau Anda jual. Cobalah untuk mencari nama yang unik dan mudah untuk diingat, ditulis, dan diucapkan.

Ketahuilah juga bahwa sebagai pebisnis pemula, Anda akan sangat memerlukan promosi dari mulut ke mulut, atau via chat. Dengan kuat dan uniknya nama brand, maka akan membuat produk lebih mudah untuk diketahui banyak orang.

Pemilihan packaging juga akan mampu mendongkrak penjualan. Percayalah bahwa hal tersebut adalah suatu nilai tambah di mata para konsumen. Terlebih lagi bila Anda menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan.

Bila sudah, Anda bisa melakukan riset dan membuat susunan pemasaran yang sesuai dengan anggaran, produk dan target usaha Anda. Manfaatkanlah semua peralatan yang terdapat di media sosial. Agar bisa lebih efektif lagi, ada baiknya untuk menggunakan media sosial yang memang lebih sering digunakan oleh target pasar Anda.

Baca juga: Bengkel Las: Pilihan Usaha dan Tips Menjalankannya

Penutup

Demikianlah tips mudah dalam memulai menjalankan bisnis makanan online untuk pemula yang bisa Anda coba terapkan. Tapi jika bisnis makanan online Anda bisa berjalan secara efisien dan secara efektif, maka ada baiknya untuk menggunakan aplikasi bisnis Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website. Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi, sehingga Anda bisa menggunakan Accurate Online secara bebas di mana saja dan kapan saja.

Terlebih lagi, Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 483 ribu pebisnis di Indonesia, baik itu pebisnis UMKM hingga pebisnis berskala besar sekalipun. Bahkan, Accurate Online pun sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award sebanyak 7 kali berturut-turut dalam kategori software accounting, mulai dari tahun 2016 hingga tahun 2021.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya. Seluruh laporan keuangan tersebut akan tersaji secara otomatis, cepat dan akurat.

Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan fitur bisnis luar biasa yang mampu membuat bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Jadi, ayo klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari, gratis.

Avatar photo

Bisnis Seni Lukis Mural dan Cuan Besar di Dalamnya

Dewasa ini, seni melukis dinding atau yang banyak dikenal dengan lukis mural semakin terkenal di berbagai kota besar di Indonesia. Jika sebelumnya seni melukis...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery untuk Anda Para…

Cake and bakery menjadi salah satu bisnis kuliner yang banyak peminatnya, terutama di Indonesia. Bisnis ini juga menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati...
Avatar photo bagisaham
3 min read

Aplikasi Toko: Jalankan Bisnis dengan Lebih Mudah

Saat Anda ingin membuka bisnis baru, terutama bisnis retail atau pertokoan, maka Anda akan sangat memerlukan aplikasi yang mampu membantu Anda untuk mencatat transaksi...
Avatar photo bagisaham
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.