8 Strategi Efektif Untuk Menguatkan Nilai Tukar Rupiah

8 Strategi Efektif Untuk Menguatkan Nilai Tukar Rupiah. Nilai tukar rupiah yang melemah, akan memberikan dampak buruk yang sangat luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi negara. Banyak sektor yang akan menjadi korbannya, tentu hal semacam ini tidak ada satupun orang yang menginginkannya. Nah, ternyata ada banyak lho strategi yang dapat digunakan untuk menguatkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

8 Strategi Efektif Untuk Menguatkan Nilai Tukar Rupiah

8 Strategi Efektif Untuk Menguatkan Nilai Tukar Rupiah

Berikut ini adalah 8 strategi yang paling bagus dan harus dilakukan oleh semua orang agar nilai tukar rupiah kembali menguat terhadap nilai mata uang asing dengan mudah.

1. Tidak Membeli Produk Luar Negeri

Membeli produk luar negeri akan meningkatkan transaksi mata uang negara asing bukan mata uang rupiah. Apabila hal ini dilakukan banyak orang di Indonesia maka nilai tukar rupiah akan semakin melemah. Karena apabila nilai transaksi dollar semakin tinggi maka nilai tukar rupiah akan semakin melemah, begitu juga sebaliknya.

2. Membeli Produk Dalam Negeri

Strategi terbaik yang harus dilakukan ketika terjadi pelemahan nilai tukar mata uang rupiah adalah dengan selalu mencintai produk-produk dalam negeri. Orang-orang harusnya membeli semua kebutuhan mereka yang berasa dari dalam negeri. Hal ini akan menguatkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Karena nilai transaksi rupiah akan tinggi. Membeli produk dalam negeri sangat baik untuk memajukan perekonomian negara.

Baca : Apa Tipe Kepribadian Uang Anda?

3. Menukarkan Dollar Dengan Rupiah

Menukarkan dollar dengan rupiah juga merupakan salah satu upaya yang dapat menguatkan nilai tukar rupiah. Hal ini karena transaksi mata uang rupiah akan meningkat. Biasanya banyak orang yang menimbun aset mereka dalam bentuk dollar dengan harapan mereka bisa mendapatkan keuntungan. Jika semua tabungan dollar ini ditukarkan menjadi rupiah maka nilai mata uang rupiah akan semakin menguat karena nilai transaksi rupiah yang semakin tinggi.

Dikala dollar tinggi ini merupakan untuk momentum yang tepat untuk mendapatkan rupiah lebih banyak. Terlebih lagi, dapat mengatkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

4. Melakukan Usaha Bidang Ekspor

Strategi lainnya yang dapat dilakukan untuk menguatkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing adalah dengan membuat usaha berbasis ekspor. Usaha ekspor ini dapat meningkatkan devisa dan transaksi mata uang rupiah terhadap mata uang asing. Pada akhirnya nilai mata uang rupiah akan jauh menguat. Jika ekspor Indonesia lebih tinggi daripada impor, maka nilai tukar rupiah akan jauh lebih tinggi.

5. Mengembangkan Sektor Wisata Dalam Negeri

Jika nilai tukar rupiah melemah, sebaiknya jangan berwisata ke luar negeri. Cukup melakukan wisata di dalam negeri saja. Apabila sektor pariwisata Indonesia meningkat dan banyak turis asing berdatangan, maka nilai tukar rupiah juga akan meningkat. Hal ini karena akan terjadi transaksi yang lebih tinggi antara mata uang asing terhadap mata uang rupiah.

6. Lebih Banyak Pakai Angkutan Umum

Apa hubungannya naik angkutan umum dan nilai tukar rupiah? Menggunakan angkutan umum dapat menghemat biaya konsumsi bahan bakar yang di impor pemerintah. Jika hal ini bisa ditekan, maka nilai impor minyak akan menurun dan nilai tukar rupiah akan kembali menguat. Dan juga dapat mengurangi angka kemacetan yang terjadi.

7. Berinvestasi Dalam Negeri

Meski harga dan nilai tukar rupiah terhadap dollar sendang naik, bukan berarti berinvestasi dalam negeri tidak menguntungkan lho. Anda masih bisa mendapatkan keuntungan  dengan berinvestasi pada ORI ataupun SBN.

8. Tidak Menukarkan Rupiah Dengan Dollar

Banyak orang yang memanfaatkan momentum untuk membeli dollar dengan harapan agar mereka bisa dapat keuntungan dikemudian hari. Jika anda peduli dengan bangsa dan negara, maka hindarilah hal semacam ini. Karena hal ini justru akan memperparah nilai tukar rupiah pada mata uang asing. Pada akhirnya semua orang juga akan kena dampak dari pelemahan rupiah ini, termasuk anda salah satunya.

Pada kondisi tertentu, dollar nilainya dapat berkurang dan berubah-ubah dan terkadang mengalami penurunan. Menukarkan rupiah dengan dollar dikala dollar benar-benar mengalami penurunan. Kalau nilai dollar tinggi, pastikan Anda menjualnya.

Leave a Reply