7 Cara Membangun Kebiasaan Membaca

7 Cara Membangun Kebiasaan Membaca

7 Cara membangun kebiasaan membaca. Saya tahu, rasanya berat memulai sesuatu yang baru, seperti membaca. Saya punya kebiasaan membeli buku-buku yang saya rasa penting untuk dibaca, buku yang kiranya bagus, dan ingin saya koleksi. Namun, kebiasaan saya ini yang biasa disebut sebagai tsundoku ini membuat saya merasa cemas. Terlalu banyak buku dan hampir semuanya tidak dibaca. Maka, mulai tahun ini, saya tetapkan langkah demi langkah untuk memulai kebiasaan membaca.

Berikut tujuh cara membangun kebiasaan membaca :

7 Cara Membangun Kebiasaan Membaca

Membangun Mindset dan Tetapkan Tujuan

Mindset terbagi menjadi dua, yaitu mindset tetap (fixed mindset) dan mindset tumbuh (growth mindset). Saya menyadari bahwa kebiasaan tsundoku ini adalah fixed mindset dan saya tidak memiliki tujuan “why”. Apa buku yang saya baca? Apa saya akan senang membacanya? Mengapa saya membaca buku tersebut? Bagaimana isi dari buku tersebut? Apa saya dapat setelah selesai membaca buku tersebut? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan kepada diri saya sebelum saya mulai membaca. Pertanyaan-pertanyaan itu menjadi tujuan saya untuk membaca buku.

Sebagai contoh, saya membaca buku GRIT. GRIT adalah buku pertama yang saya baca di tahun 2021, tepatnya Februari 2021. Saya pernah membaca sekilas dari buku itu dan saya tertarik dengan isinya mengenai pengembangan diri. Saya membeli di Gramedia dan saya membaca buku GRIT sambal melontarkan pertanyaan-pertanyaan mengenai buku ini. Wah, ternyata banyak pengetahuan yang saya dapat mengenai psikologi ketabahan dari buku karya Angela Duckworth ini. Saya dapat mengevaluasi diri saya. Saya semakin senang membacanya. Awalnya saya membaca setengah jam, kemudian satu bab, dan sekarang saya bisa membaca dua bab buku GRIT dalam sehari.

Buat Daftar Buku yang Ingin Dibaca

Saya membuat daftar untuk beberapa buku dalam setahun di buku catatan saya dan di kepala saya sendiri. Saya tidak kaku untuk menetapkan bahwa buku ini di bulan Januari dan buku itu di bulan Februari. Selain membuat daftar buku, saya harus mengetahui apakah ada hasrat untuk membaca buku GRIT atau Little Woman di bulan Februari. Ternyata membuat daftar buku yang akan dibaca membuat saya dapat menumbuhkan hasrat membaca dan melatih ketabahan saya untuk membiasakan diri membaca buku.

Tetapkan Waktu Membaca Secara Konsisten

Saya mengawali membaca selama setengah jam atau lima s/d sepuluh halaman per hari. Jika saya senang membaca buku tersebut, saya coba membaca satu sampai dua bab. Konsistensi dan latihan membiasakan diri adalah kunci untuk menumbuhkan hasrat membaca.

Mungkin Anda Tertarik: Temukan 3 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Selalu Bawa Buku Kemana Saja

Ini penting. Selalu bawa buku kemana saja dapat membuat diri kita untuk mencari hiburan selain media sosial. Tentu bawalah buku yang senang dibaca. Selain itu, bawalah pensil atau highlight berwarna untuk menandai kalimat dan ide-ide yang Anda suka.

Investasi Alat-Alat Untuk Membaca Buku

7 Cara Membangun Kebiasaan Membaca Ilustrasi Alat Tulis
Ilustrasi Alat tulis dan alat bantu membaca

Jika Anda adalah tipe pembaca yang digital based, maka Kindle dan Tablet adalah investasi yang cocok untuk Anda karena ringan dan bisa dibawa kemana saja.

Buatlah Buku Catatan

7 Cara Membangun Kebiasaan Membaca Ilustrasi Buku Catatan
Ilustrasi menulis pada buku catatan

Setelah saya membaca dan menandai ide-ide dari sebuah buku, biasanya saya membuat catatan di Microsoft Word atau buku tulis. Membuat catatan mengenai isi buku dapat memperpanjang memori jangka panjang mengenai isi buku tersebut. Ini juga langkah untuk memperbanyak kosakata, wawasan, dan melatih daya kritis. Setelah catatan selesai, saya bisa membaca ulang ringkasan buku yang saya buat.

Carilah Teman Diskusi

7 Cara Membangun Kebiasaan Membaca Ilustrasi Teman Diskusi
Ilustrasi Teman Diskusi

Teman diskusi tidak lah harus sesama penyuka buku. Anda bisa mulai menceritakan topik yang Anda baca kepada keluarga dan sahabat. Jika mereka tertarik, respon yang mereka sampaikan dapat menjadi diskusi yang menarik dan membuat ingatan mengenai isi buku menjadi lebih lama.

Bagikan Artikel
magnifiercross