6 Tips Sukses ala Mark Cuban

6. Tips Sukses Ala Mark Cuban. Pernahkah Anda mendengar Mark Cuban? Bagi orang Amerika Mark Cuban sangatlah identik. Ya, dia adalah Mark Cuban, investor miliarder, pemilik Dallas Mavericks dan juga dia merupakan salah satu juri acara hit, “Shark Tank,” dikenal karena kecakapan bisnisnya, etos kerja, dan kegemarannya mengubah startup yang masih baru menjadi perusahaan bernilai jutaan dolar.

Bagi Mark Cuban memegang uang yang banyak dan sewenang-wenang untuk memegang kunci kebahagiaan, bukanlah hal yang bijak. Uang harus menjadi apa yang membantu Anda mencapai tujuan, bukan tujuan itu sendiri. Sebaliknya, bekerja menuju tujuan dan impian dengan tindakan konkret yang dapat Anda terapkan segera. Akui dan rayakan kemajuan dan proses Anda menuju kemakmuran masa depan, dan temukan kebahagiaan di setiap langkah kecil menuju kesuksesan.

Maestro bisnis mandiri ini juga memiliki sedikit pendapat tentang tanggung jawab keuangan dan pengelolaan uang. Mark Cuban dikenal karena blak-blakan dan sering membagikan pemikirannya tentang keuangan pribadi.

6 Tips Sukses ala Mark Cuban

Dengan rekam jejak yang kuat tentang kesuksesan finansial yang digerakkan sendiri, tentu saja ini merupakan saran yang patut dipertimbangkan. Berikut adalah saran uang dari Mark Cuban yang dapat Anda lakukan hari ini.

Hiduplah Dengan Murah sehingga Anda dapat menggunakan sumber daya untuk mengejar peluang.

Hiduplah dengan murah sehingga Anda dapat menggunakan sumber daya untuk mengejar peluang.

Mark Cuban
6 Tips Sukses ala Mark Cuban
gambar diambil dari: wikimedia.org

Sebelum menjadi miliarder, Cuban menghabiskan masa dewasa dengan menghemat keuangan yang sangat baik – menggunakan sofa sebagai tempat tidur dan juga kasur lantai untuk tidur. Dengan lima teman sekamar di salah satu Apartemen di Dallas dan membagi sewa $750 dengan 5 orang temannya. Dalam bukunya, “Cara Menang di Sport of Business,” Cuban menulis:

Tidak masalah bagaimana Anda hidup. Tidak masalah mobil apa yang Anda kendarai. Tidak masalah pakaian apa yang Anda kenakan. Semakin Anda stres pada tagihan, semakin sulit untuk fokus pada tujuan Anda. Semakin murah Anda bisa hidup, semakin besar pilihan Anda.

Mark Cuban

Cuban adalah pengingat bahwa hidup di dalam, dan bahkan di bawah kemampuan Anda bila memungkinkan, lebih sedikit tentang pengorbanan dan lebih banyak tentang peluang. Temukan cara untuk memotong biaya, baik kemewahan dan kebutuhan, untuk mengurangi total biaya hidup Anda dan membebaskan sumber daya Anda – waktu, energi dan uang – untuk mengejar tujuan yang lebih besar.

Prioritaskan melunasi hutang

Dalam wawancara pada tahun 2014 dengan Business Insider, Mark Cuban mengungkapkan apa yang ia ketahui tentang menabung di usia 20-an:

Kartu kredit itu adalah investasi terburuk yang dapat Anda lakukan. Bahwa uang yang saya dapat dari kartu kredit tidak sebanding dengan hasilnya, tidak mendapatkan keuntungan apapun. Daripada meminjam melalui kartu kredit lebih baik, saya dapat dapatkan dengan menginvestasikan uang itu di pasar saham. Saya pikir saya akan menjadi jenius pasar saham. Sampai saya tidak bisa melakukannya. Seharusnya saya melunasi kartu saya setiap 30 hari.

Mark Cuban

Cuban tidak hanya menekankan pentingnya melunasi hutang dan menggunakan kredit secara bertanggung jawab, ia juga memperingatkan terhadap investasi yang terlalu bersemangat. Mendapatkan saldo pinjaman dan kartu kredit menjadi nol adalah strategi langsung untuk meningkatkan kekayaan yang, seperti yang dicatat Cuban, tidak memerlukan risiko investasi untuk pengembalian yang besar. Cuban menyarankan untuk melakukan strategi yang cerdas dalam menggunakan uang pinjaman kartu kredit dan memaksimalkannya di pasar saham. Tentu Anda harus mengetahui caranya sebelum memulainya.

Baca Juga: 6 Tips Memecahkan Masalah ala Albert Einstein

Gunakan pekerjaan yang Anda miliki sekarang untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan di masa depan.

Dalam Catatan Mark Cuban – dari pekerjaan pertamanya menjual kantong sampah, mengajar disko, dipecat, hingga mendirikan bisnis dan menjadi miliarder – adalah pengingat akan kekuatan “keramaian” dan pentingnya pertumbuhan yang konstan. Di dalam blog-nya, Cuban mengutip sebuah wawancara di mana dia berkata:

Saya mengerjakan pekerjaan yang tidak saya sukai. Saya mengerjakan pekerjaan yang saya sukai, tetapi tidak memiliki peluang untuk berkarier. Saya mengerjakan pekerjaan yang hampir membayar sewa … Saya tahu suatu hari nanti saya akan memiliki bisnis sendiri, jadi saya pikir tantangan saya adalah mempelajari sebanyak mungkin orang lain tentang semua bisnis. Saya percaya bahwa setiap pekerjaan yang saya lakukan benar-benar dibayar untuk belajar tentang industri baru.

Setiap pekerjaan adalah kesempatan untuk mengembangkan seperangkat keterampilan baru dan belajar tentang industri baru, yang keduanya dapat dimanfaatkan untuk kesuksesan karier di masa depan sambil dibayar di masa sekarang. Raih manfaat dari beragam pengalaman kerja dengan tetap terbuka untuk setiap dan semua peluang kerja – terlibat dalam karier, pendapatan, dan pertumbuhan pribadi Anda secara menyeluruh.

Tetap pada apa yang Anda ketahui saat berinvestasi.

Mark Cuban terkenal skeptis terhadap saran keuangan tradisional dan sarana investasi. “Saya membuat saran yang tidak biasa; saya tidak mengikutinya,” kata Cuban dalam sebuah wawancara dengan Forbes. “Saya jarang menerima nasihat investasi dan mendengarkan nasihat pihak ketiga tentang. investasi”

Sebagai gantinya, ia mendorong tabungan dan memasukkan uang ke dalam usaha yang ia kenal dengan baik – mendapat manfaat dari “keunggulan informasi”. Meskipun mencari nasihat dari profesional keuangan dapat membantu, pastikan untuk membangun pemahaman tentang akun dan kendaraan investasi yang memegang aset Anda untuk memastikan mereka melayani kepentingan terbaik Anda. Menyerahkan kontrol keuangan penuh kepada siapa pun dan menyetujui strategi dengan kepercayaan buta dapat menghasilkan biaya besar terbaik, dan kerugian besar terburuk.

Kembangkan kekayaan untuk diri sendiri – dan orang lain.

Adalah suatu elemen kejutan bahwa sebagai seorang ahli, Cuban adalah advokat dan konsultan untuk menumbuhkan kekayaan. Tetapi posisinya bukan hanya tentang apa yang diberikan kekayaan kepadanya secara pribadi, tetapi kekuatan yang diberikannya untuk membantu orang lain. Dalam posting blog 2011 berjudul “Hal Paling Patriotik yang Dapat Anda Lakukan,” tulis Cuban:

Menjadi kaya adalah hal yang baik. Bukan hanya dalam arti menguntungkan bagi Anda dan keluarga Anda, tetapi juga dalam arti yang lebih luas. Keuntungan bukanlah permainan zero sum. Semakin banyak Anda membuat, semakin banyak dampak finansial yang dapat Anda miliki.

Mark Cuban

Bangunan

One comment

Leave a Reply