5 Cara Menjadi Pengusaha Sekaligus Karyawan Kantor

Inilah 5 Cara Menjadi Pengusaha Sekaligus Karyawan Kantor Yang Harus Kamu Tahu

Saat ini memiliki kehidupan karir yang sukses, gak melulu harus dilalui dengan memilih antara menjadi pengusaha atau bekerja kantoran. Selain sama-sama punya nilai positif, menjalankannya secara beriringan juga bukan hal yang gak mungkin, kok. Di usia yang masih muda seperti sekarang, waktu yang terbilang masih banyak, sangat sayang kalau cuma dilalui dengan kegiatan yang itu-itu aja. Selama tahu cara mengatur waktu dengan baik, dua profesi ini bisa memberikan keuntungan, pemasukan tambahan, dan juga memberi warna yang harmonis dalam kehidupan kamu sehari-hari.

5 Cara Menjadi Pengusaha Sekaligus Karyawan Kantor
Illustrasi Pekerja Kantor

Coba bayangkan kalau setiap waktu luang yang kamu miliki bisa dimanfaatkan buat menghasilkan sesuatu yang produktif, pasti hidup akan jadi lebih bermakna, deh. Misalnya jika saat ini status kamu adalah pegawai yang bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, ketimbang buka akun medsos buat lihat-lihat barang dagangan orang pas istirahat makan siang, kenapa gak diisi dengan memulai online shop-mu sendiri saja? Sekarang ada banyak pegawai kantoran yang memiliki usaha sampingan di luar pekerjaan mereka sehari-hari, lho. Intinya gak ada yang gak mungkin selama kita berniat dan berusaha. Namun sebelum mulai merintis, jangan hanya bermodal ambisi tanpa berpikir realistis, ya.

Baca Juga : Pengen Dapet Kerja? Ini Lho Rahasia Wawancara Kerja yang harus Kamu Tahu!

Ada beberapa tips jadi pengusaha sukses sambil tetap kerja full time yang perlu kamu baca dulu, nih…

1.Cari tahu alasan mengapa kamu ingin mulai berbisnis !

Mengetahui alasan di balik setiap tindakan akan membantu kamu menentukan langkah yang tepat menuju tujuan yang sudah ditetapkan. Tanyakan pada dirimu berulang-ulang. Mengapa? Mengapa? Dan mengapa? Begitu kamu menemukan jawabannya, barulah kamu bisa melangkah lebih jauh lagi. Ada banyak hal yang melatarbelakangi keinginan seseorang membuka usaha meski sudah memiliki pekerjaan tetap. Bisa jadi ia senang mencoba tantangan baru, ingin mendapat penghasilan tambahan atau membutuhkan ruang berekspresi yang lebih luas dibanding tempat kerjanya yang sekarang.

2.Gambarkan secara detail perkembangan bisnis yang kamu kembangkan

Dalam visi yang kamu tuju, ada banyak detail yang bisa dipecah menjadi sasaran-sasaran yang lebih kecil. Jadikan ini sebagai pijakan yang harus kamu raih setiap hari. Siapa target konsumenmu? Berapa omset penjualan yang ingin dicapai bulan ini? Prioritas apa yang perlu segera diselesaikan pada proyek kantormu? Tuliskan semuanya secara spesifik dan baca setiap hari. Tak hanya akan menjadi motivasi, hal ini juga bisa menjadi pengingat yang baik agar kamu gak lengah menggapai cita-citamu selama ini. 

Baca Juga : Cara membuat anggaran keluarga

3.Berkomitmen pada tujuan adalah kunci sukses yang wajib kamu punya

Semua orang pasti setuju kalau memiliki dua kesibukan bukan hal yang mudah untuk dijalani. Apalagi karakteristik bekerja kantoran dengan berwirausaha cukup berbeda jauh, nih. Sebagai seorang karyawan, kamu adalah sumber daya yang dituntut buat mengerjakan sesuatu secara terorganisir. Sebaliknya, menjadi pengusaha justru mengharuskan kamu fleksibel terhadap perubahan. Gak ada yang pasti dalam sebuah bisnis. Selera pasar, perkembangan tren, sampai persaingan usaha, semua bergerak dengan cepat dan dinamis.

Seandainya kamu bisa membelah diri, mungkin semua perbedaan ini bakal jadi lebih mudah buat diatasi. Sayangnya, kamu gak bisa melakukan hal itu. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah berkomitmen dengan tujuan kamu, baik itu dalam berbisnis maupun di kantor.

4.Bergabunglah dengan orang-orang yang memiliki kesamaan Visi

Sekarang ada banyak workshop, seminar dan pelatihan yang bisa kita ikuti untuk memperdalam ilmu sekaligus mengasah skill tertentu. Di event semacam ini, kamu bisa bertemu banyak orang yang memiliki kesamaan tujuan dan mulai membangun networking yang luas. Tak hanya itu, saat ini juga ada banyak media non-konvensional yang berfungsi buat mengembangkan jaringan sekaligus menambah wawasan, seperti milis, grup Facebook, sampai grup Whatsapp dan sejenisnya.

5.Tetap jaga performa kamu di kantor

Menjalani peran ganda sebagai karyawan sekaligus pengusaha memang susah-susah gampang. Tapi bukan berarti kamu gak bisa melakukannya, lho. Cobalah untuk selalu melihat sisi positif dari setiap kejadian yang kamu alami. Hari ini mungkin kamu lelah karena meeting tiada henti dan pesanan tokomu mulai berdatangan, tapi coba lihat sisi positifnya. Ini menunjukkan bahwa kamu mampu menjalankan apa yang kamu inginkan selama ini. Biasakan untuk senantiasa bersyukur untuk hal sekecil apapun yang membuatmu bahagia dan jangan lupa untuk tetap meluangkan waktu buat beristirahat dan menyayangi tubuhmu, ya. Pikiran dan badan yang terjaga kesehatannya akan membawa banyak hal baik dalam kehidupanmu, termasuk di kantor dan usahamu.

Rekomendasi : 6 Tips Memecahkan Masalah ala Albert Einstein?

Setelah memaknai kelima tips di atas, sekarang saatnya mengimplementasikannya. Jangan biarkan niatmu hanya menguap jadi wacana tanpa aksi yang nyata. Tak mengapa kalau kamu masih bingung mau memulai dari mana.

Leave a Reply