4 Kiat Untuk Memahami Anggaran

4 Kiat Untuk Memahami Anggaran

Ada 4 kiat untuk memahami anggaran. Namun, apa itu anggaran? Anggaran secara umum adalah estimasi pendapatan dan pengeluaran dalam periode waktu tertentu. Menurut Nafarin (2013:11), anggaran (budget) merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan dalam suatu uang, tetapi dapat juga dinyatakan dalam satuan barang dan jasa. Anggaran dapat dibuat untuk seseorang, kelompok, bisnis, dan pemerintah.

4 Kiat Untuk Memahami Anggaran

Anggaran adalah membuat rencana pengeluaran keuangan Anda

Penganggaran hanya alat untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran keuangan Anda. Ini adalah rencana untuk memanajemen sumberdaya keuangan guna mendapat hasil yang diinginkan. Penganggaran juga digunakan untuk melacak sumber pengeluaran sehingga dapat dikontrol dan dievaluasi secara berkala. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Anggaran surplus, yakni posisi pendapatan yang diharapkan melebihi pengeluaran.
  2. Anggaran yang seimbang, yakni posisi seimbang antara pendapatan dan pengeluaran.
  3. Anggaran defisit, yakni pengeluaran yang diharapkan melebihi pendapatan.

Mitos-Mitos Anggaran

Pertama, Anda tidak perlu menganggarkan uang anda. Ini mitos. Fokus anggaran adalah untuk mengidentifikasi semua pengeluaran yang mungkin terjadi selama satu hari, satu bulan, beberapa kuartal, dan setahun. Anggaran dapat mengidentifikasi biaya yang dapat dikurangi dan dialokasikan untuk ditabung ke dana darurat, dana pensiun, dana pendidikan, dan asuransi.

Baca Juga: Apa Tipe Kepribadian Keuangan Anda?

Kedua, meskipun Anda merasa tidak punya cukup banyak uang untuk ditabung, tujuan penganggaran adalah untuk memastikan Anda dapat menabung sedikit setiap bulannya. Anda merasa tidak punya utang? Anda tetap harus menabung juga, khususnya dana darurat dan dana pensiun. Meskipun mungkin Anda tidak memiliki tujuan menabung yang besar saat ini, situasi dan sikap Anda cenderung berubah seiring waktu.

Ketiga, Anda merasa tidak disiplin. Ini mitos karena kedisiplinan dapat dibiasakan, begitu juga penganggaran keuangan. Ini adalah upaya untuk melindungi diri Anda dari kebiasaan belanja yang berlebihan.

Cara Membuat Anggaran

Cara membuat anggaran diawali dengan mengumpulkan informasi secara rinci dalam bentuk daftar mengenai pendapatan dan pengeluaran Anda. Lacaklah pengeluaran, menghilangkan biaya yang tidak perlu dan wacana berhutang, dan membuat dana darurat. Pilih metode penganggaran keuangan yang dapat memenuhi tujuan keuangan Anda. Jika belum tahu mau menggunakan metode penganggaran apa, Anda dapat berkonsultasi kepada konsultan keuangan.

4 Kiat Untuk Memahami Anggaran
Ilustrasi membuat anggaran

Kemudian, buat anggaran keuangan Anda dengan menghitung semua pengeluaran dan pendapatan Anda dan lihat posisinya. Dari posisi pendapatan dan pengeluaran ini lah Anda dapat menentukan sumber penghasilan baru. Setelah itu, jalani rencana keuangan Anda dan jangan lupa catat pengeluaran. Anda dapat memberikan hadiah kepada diri sendiri karena telah berhasil melakukan penganggaran.

Kunjungi Juga: Bagisaham: Temukan Berbagai Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Metode Penganggaran

Pada artikel ini akan diperkenalkan dua metode penganggaran, yaitu metode 70:20:10 dan metode 50:30:20.

Metode anggaran 70:20:10 menyarankan agar Anda mengalokasikan 70% pendapatan Anda untuk pengeluaran, 20% untuk ditabung, dan 10% untuk utang. Metode ini dapat bekerja untuk seseorang dengan dana darurat yag sehat dan minim hutang.

Sedangkan metode anggaran 50:30:20 menyarankan agar Anda mengalokasikan 50% untuk pengeluaran, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk kombinasi hutang dan tabungan. Ya, minimal 10% ditabung dari 20% kombinasi hutang dan tabungan.

Ingat, dua metode yang dijelaskan dalam artikel ini bukan yang paling baku. Anda dapat menyesuaikan dengan preferensi keuangan personal Anda, seperti pengeluaran, tabungan, dan hutang. Pertimbangkan mengomatiskan kontribusi pensiun dan jaminan kesehatan untuk memastikan Anda tetap berpegang pada rencana keuangan Anda.

Referensi:

Ganti, Akhilesh. 2020. Budget. Investopedia (Diakses tanggal 18 Februari 2020 pukul 12.30 WITA)

Martin, Allison. 2021. How To Create a Budget in 5 Simple Steps. Crediful (Diakses tanggal 18 Februari 2020 pukul 12.30 WITA)

Bagikan Artikel
magnifiercross