3 Tool Meningkatkan Produktivitas Saat WFH

3 Tool Meningkatkan Produktivitas Saat WFH. Work From Home (WFH) terkadang membuat kita menjadi malas. Malas akan pekerjaan yang dilakukan. Akhirnya pekerjaan makin menumpuk. Dan membuat kita semakin stress.

Sobat Bagisaham, kali ini saya akan membagikan. 3 Tool Meningkatkan Produktivitas Saat WFH, tidak hanya para pekerja yang bekerja di rumah. Tools ini juga berguna untuk Anda yang memiliki bisnis skala besar maupun kecil. Maka apa saja ketujuh tool tersebut?

3 Tool Meningkatkan Produktivitas Saat WFH Yang Mungkin Anda Belum Pernah Coba

Sebelum memulai artikel ini, pastikan Anda membaca daftar isi pada table of content dibawah ini. Adapun review yang saya berikan bersifat subjektif. Berdasarkan dengan pengalaman saya dalam menggunakan beberapa aplikasi dibawah ini.

Trello

7 Tool Meningkatkan Produktivitas Saat WFH
Gambar diambil dari trello

Link Website: Trello
Link Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trello&hl=in
Link iOS: https://apps.apple.com/us/app/trello-organize-anything/id461504587

Review Trello

Pernahkah Anda mendengar Trello? Trello merupakan salah satu aplikasi berbasis web dan juga aplikasi mobile yang gratis. Trello telah membantu saya dalam merancang dan menyusun editorial planning.

Trello merupakan tool yang membantu seseorang maupun tim untuk mengelola tugas-tugas yang dapat menambahkan kartu dengan bebas. Tool ini tergolong tool 3 Tool Meningkatkan Produktivitas Saat WFH Yang Mungkin Anda Belum Pernah Coba.

Secara tampilan di website, Trello sangatlah user-friendly tampilannya sangat baik dan juga navigasi yang sangat mudah. Kita dapat leluasa dalam membuat board, card, dan tugas-tugas yang dapat kita sisipi pada setiap card-nya.

Secara tampilan di aplikasi yang berbasis Android dan iOS, Trello secara fitur kita memiliki fitur yang sama dengan tampilan yang ada pada desktop-version. Sehingga, memudahkan kita dalam mengatur, menambahkan, merubah board dan card yang kita buat. Dimanapun kita berada kita dapat menggunakan aplikasinya.

Baca Juga : 8 Ide Bisnis Tanpa Modal

Kelebihan Trello

Kelebihan Trello sebelumnya saya sangat menyukai tampilan atau user interface yang sangat tertata dengan baik. Sangat nyaman sehingga kita dapat memahami fungsi-fungsi yang diberikan oleh Trello.

Kelebihan yang kedua, pada saat kita baru memulai Trello. Ada sebuah guide atau bimbingan dari Trello sehingga memudahkan kita dalam menggunakannya. Learning curve nya menjadi sangat mudah.

Ketiga, Trello dapat memasukkan beberapa orang kedalam board. kita dapat memasukkan beberapa orang ke dalam tim kita. Sehingga mereka dapat berpartisipasi kepada board yang telah kita buat.

Keempat, Trello gratis alias tidak dipungut biaya. Meskipun dalam segi bisnis. Mereka menerapkan konsep freemium artinya menyediakan layanan gratis tetapi terbatas. Meskipun freemium layanan gratis dari Trello. Sudah mengakomodasikan beberapa usaha saya yang saya masukkan disana.

Kekurangan Trello

Tentu dengan kelebihan Trello. Trello juga memiliki beberapa kekurangan menurut pengalaman saya saat menggunakannya.

Pertama, kita tidak dapat menjadikan admin pada anggota lain. Kecuali kita mengupgrade akun kita menjadi akun bisnis.

Kedua, untuk beberapa kalangan Trello tidak seberapa terjangkau. Mungkin bagi sebagian orang merasa keberatan pada jenis akun business pada Trello. Harga per bulan Trello bagi sebagian orang mahal berkisar $12.5. Untuk pembayaran tahunan perbulannya Anda akan dibebankan menjadi $9.9

Toggl

Link Website: Toggl

Review Toggl

Terimakasih kepada salah satu rekan saya yang telah merekomendasikan aplikasi ini. Berkat aplikasi ini saya dapat memanage diri saya. Dan membantu dalam mengatur waktu saya.

Bagiamana aplikasi ini bekerja? Aplikasi ini membantu mencatat kegiatan. Yang Anda yang dilakukan dalam keseharian Anda.

Pencatatan kegiatan dan juga membantu mencatat berapa lama Anda mengerjakan kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan.

Anda juga bisa membuat timer untuk personal maupun untuk team. Terdapat fitur reports yang memberikan laporan mingguan dan juga bulanan. Dari kegiatan-kegiatan yang pernah Anda lakukan.

Anda juga dapat mengintegrasikan Toggl dengan Github, Fresh Book, Asana, dan Basecamp. Meskipun integrasi yang ditawarkan tidaklah banyak fungsi toggl secara time tracker . Memudahkan dalam meningkatkan produktivitas saya saat WFH.

Kelebihan Toggl

Meskipun saya baru menggunakan selama satu bulan. Saya mengenal Toggl, dari awal Juni 2020. Saya sudah menikmati beberapa fitur yang baik untuk diri saya dan perusahaan saya.

Fungsi utama dari Toggl adalah time-tracking. Sehingga memudahkan dalam menghitung waktu dan mengukur waktu yang telah kita kerjakan.

Tampilan dari aplikasi ini baik di desktop maupun pada aplikasi android dan ios sangatlah bagus. Cara mempelajarinya pun cukup mudah. Tinggal menambahkan kegiatan dan segera mengukur aktivitasnya.

Aplikasi ini membantu Anda yang memiliki perusahaan. Untuk mengukur jam kerja pada karyawan. Untuk membantu memantau apa saja yang dikerjakan oleh para karyawan.

Adanya Chrome Extensions sehingga memudahkan penggunaan aplikasi ini.

Reportsnya pun dapat melihat apa saja yang kita kerjakan dan karyawan kita kerjakan. Memberikan kesimpulan pada tiap minggunya dan juga setiap bulannya

Kekurangan Toggl

Hal yang sangat disayangkan dari Toggl adalah keterbatasan integrasi aplikasi ini dengan aplikasi lainnya.

Harga yang ditawarkan cukup mahal untuk beberapa kalangan. Tetapi dalam fitur gratisnya juga memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan.

Coggle

Link Website: https://coggle.it/

Review Coggle

Coggle, merupakan aplikasi yang memiliki kapabilitas dalam membuat mind-mapping. Jika Anda memiliki ide, dan ingin memvisualisasikannya. Gunakanlah Coggle.

Coggle memiliki merupakan aplikasi freemium artinya Coggle menyediakan fitur gratis. Dan juga fitur premium dengan kapabilitas yang lebih banyak.

Kelebihan Coggle

Kelebihan utama aplikasi ini adalah membuat mind-mapping dengan mudah. Tersedia ribuan icon maupun gambar yang bisa Anda gunakan.

Anda juga dapat menggunakan Coggle untuk membuat flow-chart. Dan tools atau aplikasi ini dapat digunakan bersama dengan tim Anda.

Fitur yang ditawarkan pun sangat berlimpah, ditambah lagi harga yang ditawarkan sangat terjangkau

Kekurangan Coggle

Kekurangan Coggle adalah tampilannya yang menurut saya kurang baik. Anda perlu membeli paket Awesome untuk meng-export gambar dengan ukuran high-resolution.

Tidak adanya integrasi terhadap aplikasi lain. Yang membuat Coggle kurang saya sukai.

Itulah 3 Tool Meningkatkan Produktivitas Saat WFH Yang Mungkin Anda Belum Pernah Coba sebelumnya. Mungkin Anda dapat mencoba aplikasi yang telah saya sarankan. Sehingga membantu dalam meningkatkan produktivitas Anda.

Leave a Reply