3 Cara Mengembangkan Potensi Diri

3 min read

3 Cara Mengembangkan Potensi Diri 2

3 Cara Mengembangkan Potensi Diri 3©pexels

Secara sederhana, improvement adalah usaha pengembangan yang dilakukan baik itu oleh organisasi maupun perorangan. Pengembangan yang dilakukan biasanya berfokus pada kemampuan dan potensi yang dimiliki agar dapat meningkatkan kualitas secara keseluruhan.

Pada artikel ini, Anda akan memahami informasi penting mengenai apa itu improvement diri, serta tujuan, manfaat, hingga bagaimana cara melakukannya. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Improvement Diri?

Improvement diri adalah segala jenis kegiatan, aktivitas, dan upaya apa pun yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan diri, potensi diri, atau kualitas diri secara keseluruhan. Sebagai contoh, Anda dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan tertentu, atau pola pikir, dan bahkan karakter diri sendiri.

Improvement diri harus dapat membuat Anda tumbuh sebagai seseorang. Improvement diri juga dapat melibatkan peningkatan segala aspek diri, seperti kualitas pribadi, keterampilan, dan bahkan peran yang kita mainkan, seperti suami atau istri, orang tua, maupun anak. Intinya, improvement adalah hal yang dilakukan untuk meningkatkan diri.

Baca Juga: Kehabisan Ide? Ini 5 Cara Meningkatkan Kreativitas

Apa Tujuan Improvement Diri?

Secara umum, improvement diri bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri kita agar tidak ketinggalan dengan perkembangan yang terjadi di sekitar kita. Lebih spesifiknya, berikut ini adalah beberapa tujuan improvement diri.

1.   Mendapatkan Kemampuan Baru

Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak hal baru yang muncul di sekitar kita. Agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman, kita harus menguasai kemampuan untuk mengerti hal-hal baru yang ada di sekitar kita.

Sebagai contoh, orang-orang pada zaman dahulu menulis menggunakan pena dan kertas, lalu muncul mesin tik yang dapat membantu orang-orang menulis di kertas dengan lebih mudah. Saat itu, seorang penulis harus mempelajari bagaimana cara menggunakan mesin tik agar dapat membantu melakukan pekerjaannya dengan lebih mudah dan memberikan hasil yang lebih baik. Hal yang sama berlaku pada komputer yang dapat digunakan untuk menulis saat ini.

2.   Meningkatkan Hubungan Personal

Seseorang harus berkembang seiring dengan bertambahnya usia mereka. Fisik setiap orang sudah pasti akan berkembang seiring bertambahnya usia, tetapi tidak dengan kondisi mentalnya. Ketika seseorang ingin meningkatkan hubungan personal mereka terhadap orang lain, hal yang harus ditingkatkan adalah mental mereka.

Sebagai contoh, orang yang pemalu dan sulit berbicara di depan umum akan kesulitan untuk mendapatkan kenalan baru. Ketika orang tersebut ingin mendapatkan teman baru, maka dia harus melakukan improvement terhadap kemampuan sosial miliknya agar dapat lebih terbuka dan dapat berbicara di depan umum dengan lebih mudah.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

3.   Menemukan Tujuan Hidup

Tidak jarang seseorang akan menemukan tujuan hidupnya ketika sedang melakukan improvement diri. Sebagai contoh, seorang penulis yang secara iseng mempelajari mengenai analisis data untuk improvement diri tiba–tiba menyukai bidang tersebut. Penulis tersebut pun lalu berpindah pekerjaan menjadi analis data karena merasa pekerjaan tersebut lebih cocok untuk dirinya.

Apa Manfaat Melakukan Improvement Diri?

Improvement diri yang dilakukan tentu saja akan menghasilkan banyak sekali manfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitar. Berikut ini adalah beberapa manfaat improvement diri.

1.   Mengetahui Potensi yang Dimiliki

Improvement diri dapat membantu menggali kemampuan atau potensi yang dimiliki setiap orang. Hal ini dikarenakan ketika seseorang melakukan improvement diri, orang tersebut dapat mengetahui dan mengukur sampai mana kemampuan atau potensi yang dimilikinya. Selain itu, improvement diri juga dapat memunculkan potensi baru yang tidak disadari sebelumnya.

2.   Menciptakan Peluang Baru

Ketika seseorang melakukan improvement diri, orang tersebut dapat memiliki kemampuan atau keahlian baru yang tidak dimiliki sebelumnya. Artinya, peluang dan kemungkinan baru juga akan tercipta, baik itu untuk konteks profesional maupun pribadi.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

3.   Memberikan Efek Positif pada Kesehatan Mental

Improvement diri dapat membuat seseorang memahami dirinya dengan lebih baik. Ketika seseorang memahami dirinya dengan lebih baik, maka kesehatan mental orang itu dapat lebih terjaga. Selain itu, improvement diri juga dapat membuat seseorang merasa lebih baik karena dapat mengetahui kemampuannya lebih dalam lagi.

Bagaimana Cara Melakukan Improvement Diri?

Melakukan improvement diri sebenarnya adalah hal yang mudah, Anda hanya harus memiliki kemauan untuk menjadi lebih baik. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan improvement diri yang dapat dicoba.

1.   Membangun Kemauan

Kemalasan adalah musuh terbesar setiap orang dalam mencapai kesuksesan. Hal pertama yang perlu dilakukan ketika ingin melakukan improvement diri adalah membangun kemauan untuk berubah menjadi lebih baik. Setelah kemauan terbangun, proses improvement diri yang dijalani juga akan menjadi lebih mudah.

2.   Tentukan Tujuan Improvement

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan apa yang ingin dicapai dari improvement diri yang hendak dijalani. Sebagai contoh, Anda ingin mempelajari bagaimana caranya berbicara dengan lebih baik di depan umum, atau bagaimana cara untuk menulis artikel yang sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization). Sesuaikan saja tujuan improvement diri dengan kebutuhan.

3.   Mulai Pelajari dan Lakukan Hal Baru

Setelah kemauan telah dibangun dan tujuan telah ditentukan, proses selanjutnya adalah mulai mempelajari hal tersebut. Banyak sekali sumber pembelajaran gratis yang dapat ditemukan di internet, misalnya, lakukan saja pencarian menggunakan keyword seperti “Cara membuat artikel SEO” jika ingin mempelajari bagaimana cara menulis artikel sesuai kaidah SEO.

Ketika karyawan di perusahaan telah melakukan improvement diri dan terbukti keberhasilannya dari kinerjanya yang menjadi lebih baik, maka perusahaan dapat memberikan apresiasi kepada karyawan tersebut. Perusahaan dapat memberikan hadiah seperti voucher atau barang lainnya.

Jika perusahaan ingin memberikan voucher, coba berikan voucher belanja elektronik Sodexo ePass yang dapat digunakan di banyak situs belanja online dan gerai toko offline di Indonesia yang telah bergabung dalam jaringan merchant Sodexo. Sodexo ePass dapat digunakan di lebih dari 440 merchants dan 25.000 outlets di seluruh Indonesia. Hubungi Sodexo sekarang juga untuk mendapatkan voucher belanja elektronik yang Anda butuhkan.

Avatar photo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.